Admin of hijaubintaro September 19, 2018

Bintaro Jaya memiliki banyak komunitas sepeda. Baik antarklaster maupun antarkelompok berdasarkan jenis sepeda. Salah satu komunitas sepeda yang paling aktif di Bintaro Jaya sekarang ini adalah Bintaro Loop (BL).

Terbentuk tahun 2013. “Dinamai Bintaro Loop karena saat itu tempat latihan kita 1 putaran ada yang 9,2 km dan 13.4 km, makanya kemudian kita menyebut puteran itu Bintaro Loop, “ jelas Toto Sudarsono, koordinator Bintaro Loop.

Awalnya, BL hanya sebagai tempat berkumpul warga Bintaro yg gemar sepeda road bike, namun disambut antusias oleh komunitas-komunitas sepeda road bike di luar Bintaro. Mereka kemudian bergabung. Mayoritas anggota memang menggunakan sepeda road bike, namun beberapa diantara mereka yang menggemari off road memakai sepeda gunung atau MTB.

Anggota BL biasanya berkumpul di Mc. Donald Emerald Bintaro. Secara keseluruhan, yang terdaftar di BL sejumlah 150 orang. Usia anggotanya variatif, mulai 16 hingga 60 tahun. “Ada yang pelajar SMA, mahasiswa, karyawan, pengusaha, dokter, artis, pengacara, dan masih banyak lagi latar belakang lainnya,” jelas pria yang akrab disapa Toto ini.

BL berlatih seminggu 3 hingga 4 kali, yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu/Minggu
mulai pukul 5.30 – 9.00. Setiap sebulan sekali, rutin dua kali latihan rute menanjak. Rutenya Bintaro -Puncak-Bintaro. Rute lainnya adalah Bintaro – Gunung Menyan Bogor – Bintaro atau Bintaro – KM 0 – Bintaro dengan rata-rata jarak tempuh 150km.

”Kalau hari Minggu biasanya kita ambil rute keliling kota Jakarta (gowes kuliner) dengan jarak tempuh 100km, “ jelas Toto yang merupakan warga Mertilang 13, Bintaro Sektor 9.

Anggota BL aktif mengikuti touring, tidak hanya di kota-kota dalam negeri, tapi hingga ke luar negeri. Jarak tempuhnya mulai dari 100-500 km.

Beragam prestasi sempat ditorehnya. “2 Tahun lalu, untuk katagori di usia 50 tahun kami juara 1 untuk Team Time Trial, “ jelas Toto. Untuk katagori putri, anggota BL kerap masuk 3 besar untuk kelas komunitas. “Di kelas master di atas 30, 40, dan 50 tahun ada yg tembus di 3 besar dan pasti di 10 besar, “ jelas Toto. Beberapa anggota BL juga aktif mengikuti event-event thriathlon (renang,sepeda dan lari)

Untuk bergabung di Bintaro Loop (BL) tidak dipungut biaya apapun, kecuali jika akan diadakan touring/latihan dengan rute jauh keluar Bintaro. Iurannya pun sifatnya suka rela.

Teks: BAS, foto:dok

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com