Admin of hijaubintaro February 29, 2020

Hijaubintaro – Sanggar Sanggita Kencana Budaya mengadakan open house pada hari Sabtu (29/2) di Art & Culture Center Jl. Cempaka V no.33, Bintaro. Rangkaian acara dimulai pukul 16.00 hingga 18.00.

“Kegiatan open house adakan rutin setiap tahun, tujuannya memperkenalkan Sanggar Sanggita Kencana Budaya sebagai tempat untuk belajar menari. Mulai tahun ini open house diadakan berdasarkan tema. Tema tahun ini ‘Jakarte Punye Gaye!’ Jelas Vita Valeska, owner, koreografer, peñata kostum di Sanggar Sanggita Kencana Budaya.

Open house menampilkan 6 kelompok penari dari 3 tingkatan kelas di Sanggar Sanggita Kencana Budaya. Ada Tari Cente Manis, Tari Lenggang Nyai, Tari Manon Cokekan, Tari Nandak Ganjen, Tari Kinang Kilaras dan Tari Kembang Jakarta Kreasi.

Penampilan kelompok tari disaksikan para orang tua murid dan tamu undangan yang hadir. Pada kesempatan open house ini juga turut mengundang Wiwiek Widyastuti yang merupakan salah satu tokoh Tari Betawi.

Selain disuguhkan lenggak-lenggok tarian Betawi, pada kegiatan open house ini disajikan beragam menu kuliner Betawi untuk dicicipi. Ada Asinan Betawi, Dodol Betawi, Kue Cincin, Nasi Uduk Semur Jengkol, Putu Mayang, Bir Pletok, Es Selendang Mayang, Lepet, Rujak Serut, Kue Pancong, dsb. Pada penghujung acara, segenap murid bernyanyi bersama di atas pentas dilanjutkan sesi foto bersama.

Sanggar Sanggita Kencana Budaya didirikan pada tahun 1998. Pada tahun 2008 sanggar ini mulai membuka kelas latihan. Konsepnya ‘Art & Culture Center’ atau Pusat Seni & Budaya. “Selain belajar menari, murid-murid juga harus tahu filosofinya, narasinya, latar belakang tari, tsb, “ jelas Vita.

Kegiatan latihan diadakan setiap Sabtu, mulai pukul 09.30 hingga 14.30. Ada 3 pengelompokan kelas berdasarkan usia. Murid yang berlatih di sini berusia mulai 4 – 26 tahun.

“Semoga anak-anak semakin mencintai seni budaya Indonesia, bangga dan terus melestarikannya, dan para orang tua juga terus mensupport anak-anaknya untuk belajar seni budaya terutama tari “ harap Vita.

Tak hanya tari, Sanggar Sanggita Kencana Budaya juga memiliki sebuah program yang dinamai Art Camp, yaitu program untuk anak – anak belajar nyanyi, musik, melukis, menari dsb. Program ini diadakan selama 3 hari dan menginap. Diadakan setiap bulan Juni dan Juli. Selain itu juga ada Pentas Liburan Belajar Budaya (PLBB) yang diadakan setiap bulan Desember.

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com