Admin of hijaubintaro September 18, 2018

SAKOLA digital school adalah Homeschooling yang berfokus pada Kecerdasan Digital (DQ), keterampilan Digital Kreatif (Digital Creative), dan perluasan akses belajar berbasis digital (Digital Learning) yang setara dengan pendidikan dasar atau menengah pertama.

SAKOLA didirikan yayasan Mentari Taruna Bangsa atas kolaborasi beberapa praktisi yaitu Dr. Syam Surya (Peneliti DQ Institute), Dr. Handri Santoso (Konsultan bidang IoT), Chairus Sabri, S.Spd. (praktisi pendidikan masyarakat), Ahmad Ibrahim Badry, M. Hum (Peneliti DQ Institute), Rinto Priambodo, S.T., MTI. (Pakar pendidikan digital) dan M Sarudi Putra S S.E. (Praktisi industri kreatif dan komunitas). Pendirian “SAKOLA” adalah bagian sharing aksi untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia, mencerdaskan dan meningkatkan keterampilan masyarakat.

SAKOLA memiliki tagline: ‘Olah pikir, rasa, karsa dan raga dengan bebas gembira berbasis ekosistem digital’.

SAKOLA memiliki 3 program, yang pertama adalah Homeschooling. Homeschooling adalah program pendidikan yang melibatkan keluarga dalam penyelenggaraannya. Model pembelajaran disusun secara komprehensif dan dapat didiskusikan bersama antara siswa, orang tua dan guru. Tujuannya agar siswa dapat belajar dalam lingkungan yang baik dan menyenangkan.

Homeschooling memiliki 3 program. Yang pertama adalah Digital Creative, yaitu lembaga pendidikan informal yang berfokus pada digital literasi dan keahlian komputasi & digital kreatif yang setara dengan sekolah menengah. Digital Creative mendapatkan ijazah kesetaraan jika dinyatakan lulus, sertifikat keahlian dari SAKOLA atau lembaga sertifikasi yang bekerjasama dengan SAKOLA.

Program selanjutnya adalah Visual Creative, yaitu lembaga pendidikan informal yang berfokus pada digital literasi dan keahlian visual kreatif yang setara dengan sekolah menengah. Visual Creative mendapatkan ijazah kesetaraan dengan mengikuti ujian nasional yang diselenggarakan pemerintah (jika dinyatakan lulus) dan sertifikat keahlian dari SAKOLA atau lembaga sertifikasi yang bekerjasama dengan SAKOLA.

Program yang terakhir adalah Program Kesetaraan, yaitu program alternatif dari Kementrian Pendidikan bagi siapapun yang tidak sempat mengikuti pendidikan formal karena keterbatasan sosial, ekonomi, waktu, kesempatan dan geografi atau karena memiliki kesibukan lain yang tidak dapat ditinggalkan. Program Kesetaraan berlangsung dengan metode belajar online agar tidak mengganggu aktivitas siswa yang pada umumnya sudah bekerja. Program kesetaraan mendapat legalitas ijazah berupa Paket A, B dan C.

Program sesuai dengan kurikulum nasional, yang dapat dipergunakan untuk persiapan ujian nasional, yang terdiri dari science, math, social science, national building dan religion, digital technology, local culture, philosphy. Selain Kurikulum Akademik juga ada Kurikulum Ketrampilan Berpikir dan Kurikulum Ketrampilan Keahlian (opsional).

Digital Intelligence Quotient (DQ)
Lembaga konsultan kemampuan kecerdasan digital atau DQ (Digital Intelligence Quotient) dan etika digital atau DE (Digital Ethics) sebagai ambassador dari DQ Singapura kepada seluruh anak-anak Indonesia, agar cerdas dan tangkas hidup di era digital, dengan mampu mengelola risiko dunia digital, mengelola dengan aman kehidupan digitalnya, berpikir kritis, bertindak etis dan mengedepankan empati dalam setiap tindakannya di dalam kehidupan dunia digital.

Program Bimbel Kreatif
Bekerjasama dengan @bimbelenjoy , SAKOLA menyediakan fasilitas bimbingan belajar usai jam kegiatan sekolah berlangsung. Bimbel kreatif memiliki dua peminatan yaitu,
Bimbel mata pelajaran sekolah untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar melalui bimbingan staf pengajar yang seru dan berkualitas. Didukung tempat yang nyaman dan representative membuat siswa lebih enjoy mendalami materi pembelajaran sekolah.
Selain itu ada Bimbel seni visual untuk membantu siswa yang memiliki bakat seni visual agar percaya diri berkarya, membangun portfolio, dan menerima tantangan project selama bimbingan berlangsung. Bimbel seni visual memiliki 5 peminatan, yaitu: Ilustrasi, Animasi, Komik, Film Making, dan Enigami.

Setiap bulan Sakola mengadakan event rutin yaitu workshop/sharing class (Digital) dan Life Skill Workshop (Kreatif).

SAKOLA
Jalan BSD Bintaro No.45, Kel. Parigi, Tangerang Selatan, Banten.
Telp: +62 21 29676729 /0811-8070-066
www.sakola.or.id
info@sakola.or.id
Instagram: rumah.sakola

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com