Admin of hijaubintaro September 30, 2018

Tahukah Anda tiap tahun 8 juta ton sampah plastik sampai ke lautan? Tahukah Anda kalau Indonesia penghasil sampah plastik terbesar di dunia? Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi sampah plastik?

Murid-murid Mentari Intercultural School Bintaro mengadakan Focus Group Discussion dalam kegiatan Community Service. Temanya #rethink plastic, bersama para pakar pada hari Sabtu (29/9). Tujuan kegiatan ini untuk mengeksplorasi apa yang dapat dilakukan untuk lebih dari 8 juta ton plastik yang berakhir di lautan setiap tahun.

Salah satu pakar dari pemerintahan diwakili Lia Zakiyyah (Assistant Deputi Utusan Khusus Presiden untuk Perubahan Iklim). Lia menjelaskan hubungan sampah plastik dan perubahan iklim. Diskusi difasilitasi organisasi Social Entrepreneur Waste4Change yang ahli dalam masalah pengolahan sampah.

Apa saja yang dipelajari? “Kami belajar banyak. Selain lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya polusi yang ditimbulkan oleh sampah plastik, kami juga berkomitmen untuk tidak hanya mengurangi sampah plastik tetapi juga berpikir ulang (rethink) saat menggunakan dan menolak (refuse) plastik,” ujar Tari murid kelas 7.

Kegiatan Focus Group Discussion ini murni digagas oleh para murid bersama orang tua murid dan diharapkan segenap murid dapat menjalankan komitmennya untuk pembudayaan kegiatan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) sehari-hari.

Teks: BAS, foto: Doc

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com