Admin of hijaubintaro February 8, 2020

Hijaubintaro.id – Melanjutkan kegiatan sosialisasi yang diadakan beberapa minggu sebelumnya, Pengurus Warga Emerald Residence (ER) kembali melanjutkan kegiatannya pemilahan sampah. Kegiatan ini diberi judul “To Talk About Plastic Waste and Fertilizer From Organic Waste” dan kembali diadakan di Emerald Residence Club House pada Sabtu pagi (8 /2), bekerjasama dengan bank sampah.

“Pada acara kedua ini kami lebih memfokuskan pada detail teknis pelaksanaannya, misalnya bagaimana melakukan kegiatan komposting, cara membuat dan mengolahnya dan bagaimana masing-masing rumah harus melakukannya, “jelas Jacob Kastanja, Pengurus Bagian Infrastruktur ER.

Warga ER juga belajar mengelola sampah plastik, bekerjasama dengan Bank Sampah. Pada kesempatan ini diadakan pengenalan kerajinan tas dan karpet dari bahan plastik bekas yang dianyam. Sebagai contoh plastik bekas, digunakan plastik sachet sabun dan kopi. Hasil anyaman rencananya akan dimanfaatkan lebih lanjut.

Dari hasil pengelolaan sampah, saat ini warga ER telah berhasil mengolah sampah organik menjadi pupuk cair dan padat, khabarnya malah sudah mulai dapat dijual.

“Dari hasil pelatihan, kami sudah berhasil mengembangkan sendiri dan menjual pupuk padat dan cair organik yang dibuat oleh warga kami. Hasil penjualannya kami masukkan ke kas RW, “ ujar Jacob.

Ke depannya, Jacob dan tentunya segenap warga ER berharap dapat mencapat Zero Waste Management. “Kami ingin ER bersih dan lingkungannya sehat,” harapnya.

Warga ER akan kembali mengadakan kegiatan sosialisasi ‘Road To Zero Waste’ di tempat yang sama pada hari Sabtu (22/2) dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional .

Teks & Foto: BAS

#hijaubintaro
#emeraldresidence
#bintarosektor9
#banksampah
#k3bintaro

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com