Admin of hijaubintaro February 22, 2020

Hijaubintaro.id – Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, pengurus RW Emerald Residence Bintaro mengadakan sebuah kegiatan yang dinamai ‘Road To Zero Waste’ pada hari Sabtu pagi (22/2) di halaman depan Emerald Residence Club House. Kegiatan ini diikuti warga dan segenap petugas keamanan lingkungan Emerald Residence.

Pada kesempatan ikali ini diadakan 2 sesi kegiatan. Kegiatan pertama adalah sosialisasi dan training pemadaman kebakaran (Damkar) dan kegiatan kedua adalah melanjutkan sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah warga.

“Sosialisasi dan training Damkar ditujukan agar warga dan para satpam tahu bagaimana cara penanganan yang cepat dan benar saat terjadinya kebakaran dan mengetahui alat-alat apa yang dapat dipakai untuk memadamkan api, seperti penggunaan karung basah dan tentunya penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), “ jelas Jacob Kastanja, pengurus bagian infrastruktur Emerald Residence. Pelatihan Damkar diharapkan dapat rutin diadakan setiap tahun agar lebih sigap jika terjadi kebakaran.

Kegiatan kedua pagi ini adalah melanjutkan sosialisasi pemilahan dan pengolahan sampah. “Kami telah berhasil memilah dan kemudian mengolah sampah organik menjadi pupuk cair dan padat. Pupuk yang dihasilkan sudah mulai kita jual, “ jelasnya lagi. Pupuk cair Micro Organisme Local (MOL) dalam botol besar dijual Rp35.000 per-botol, sedangkan yang kecil Rp.17.500. “Kedepannya saya Ingin limbah dapur zero, tak ada lagi yang kita buang, “ tutup dr. E. Pertiwi.

Pada kesempatan ini juga dijual berbagai jenis tanaman berbunga dan tabulampot. Tanaman-tanaman bibit/setengah jadi ini sebelumnya dipupuk, disemprot dan dirawat di rumah dr. E. Pertiwi, seksi lingkungan Emerald Residence. Harga tanaman mulai Rp.100.000 – Rp.125.000. Hasil penjualan digunakan sebagai kas RW.

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com