Admin of hijaubintaro September 19, 2019

Hijaubintaro.id – RS Premier Bintaro menyelenggarakan Media Gathering dan Seminar Orthopedi Anak pada hari Kamis siang (19/9) di Ruang Krakatau, Gedung Annex Lantai 5, RS Premier Bintaro. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dr Patar P. Oppusunggu, Sp.OT, dokter spesialis orthopedi anak RS Premier Bintaro.

Pelayanan terhadap penyakit orthopedi, atau yang berurusan dengan sistem muskuloskeletal, seperti mencakup tulang, sendi, otot, tendon, saraf, khususnya pada anak di Indonesia saat ini terbilang masih sangat minim. Banyak kasus orthopedi anak yang pada akhirnya hanya ditangani dokter orthopedi umum sehingga pelayanan kasus-kasus orthopedi anak menjadi kurang maksimal dan dapat menimbulkan kecacatan seiring pertumbuhannya. Hal ini disebabkan kurangnya dokter spesialis orthopedi anak di Indonesia. Jumlahnya masih sangat minim.

“Kasus orthopedi anak yang ditangani dokter orthopedi umum tentu hasilnya tidak sama,” jelas dr Patar P. Oppusunggu, Sp.OT . “Dokter orthopedi umum memang dapat menangani beberapa kasus anak, tetapi tidak semua masalah orthopedi anak bisa diselesaikan oleh dokter orthopedi umum. Tetap pada akhirnya akan dilimpahkan kembali ke dokter orthopedi spesialis anak,” jelasnya lagi.

Menurutnya juga, penanganan orthopedi anak tidak sama dengan orang dewasa, terutama terkait faktor pertumbuhan dan respon saat cidera, trauma, infeksi serta kelainan bentuk tulang. Penanganan kelainan orthopedi anak secara tidak tepat malah justru akan menurunkan produktivitas dan kualitas hidup penderita.“Kelainan orthopedi anak bukan semata estetika. Jika dibiarkan terus maka kelainan tersebut bisa mengganggu aktivitas anak, dan menurunkan kualitas hidup anak, “ tegasnya.

Mengingat sangat minimnya dokter orthopedi spesialis anak, dr Patar dokter mengimbau kepada seluruh orang tua agar selalu memperhatikan kondisi dan mengevaluasi anaknya dengan rutin dini agar punya banyak pilihan dalam mengatasinya seperti penangan tanpa operasi.

Sebagai informasi, RS Preimer yang telah berdiri hampir 21 tahun, seiring waktu mengikuti pesatnya perkembangan ilmu serta teknologi kedokteran terus mengembangkan berbagai fasilitas dan layanan, termasuk juga Orthopedi Center.

RS Premier Bintaro sendiri memiliki unit khusus Orthopedi Anak. Unit ini menangani problem musculoskeletal anak secara mendalam, holistic, lengkap dan sesuai standar. Pelayanan yang diberikan mulai dari skrining, diagnostic, terapi bedah maupun terapi non bedah.

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com