Admin of hijaubintaro December 8, 2018

Menjadi tua adalah suatu proses yang wajar dalam perkembangan hidup manusia. Proses penuaan berdampak terhadap aspek-aspek biologis, psikologis dan sosial budaya. Kini di lingkungan Bintaro telah hadir sarana bagi Kawula Senja yang membutuhkan layanan kesehatan yang bersifat komprehensif mencakup sehat fisik, psikologi, spiritual dan sosial. Namanya Griya Adiyuswa.

Griya Adiyuswa berlokasi di Jalan Rajawali XIII Blok HD 1/2 , Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan. Griya Adiyuswa adalah sarana bagi para Adiyuswa/Lansia untuk memaknai kehidupan di usia senja agar lebih berkualitas. Diresmikan 31 Oktober 2018 lalu.

Griya Adiyuswa berada di bawah naungan Yayasan Dian Krida Mitra Utama, yang didirikan berdasarkan Akte Notaris Sri Hastuti SH, No.3 tanggal 27 Juni 2005.

Pendirian Griya Adiyuswa diprakarsai oleh dr. Dahlia A. Almatsier Sp.KJ, pendiri Yayasan Dian Krida
Utama, yang memiliki keinginan untuk menyediakan sarana layanan terpadu kepada Adiyuswa agar dapat memaknai usia senja melalui berbagai kegiatan yang terarah, baik dilakukan mandiri atau
berkelompok agar menjadi insan yang sehat, bahagia dan mandiri.

Griya Adiyuswa dengan mottonya “Sehat dan Ceria di usia senja” menyediakan layanan terpadu
untuk memberikan deteksi dini dan penanganan secara komprehensif pada Lansia, dengan
memperhatkan faktor penyulit yang terjadi pada Lansia pada umumnya.

Layanan yang diberikan oleh Griya Adiyuswa antara lain Deteksi Dini Kepikunan, evaluasi komprehensif untuk mengetahui kondisi fisik dan mental psikologis, klien, serta upaya untuk mencari solusi dan meringankan beban klien dan keluarganya. Layanan lainnya yaitu Konseling, konsultasi dengan psikiater atau psikolog untuk mencari solusi dan meringankan beban klien. Selain itu ada Senam Otak (Brain Gym), olah gerak untuk menstimulasi fungsi otak agar terjadi keseimbangan.

Griya Adiyuswa juga memberikan layanan Fisioterapi, yaitu layanan rehabilitasi melalui rangkaian kegiatan (pemanasan, peregangan, pemijatan) untuk mengatasi gangguan/keluhan fisik akibat cedera atau rasa sakit.

Selain itu Griya Adiyuswa juga memberikan layanan Relaksasi, yaitu fasilitas ruang yang menyejukkan dengan irama musik, warna warni cahaya dan pemijatan. Layanan kesehatan psikogeriatri yang dibutuhkan Lansia pada umumnya juga diberikan di sini. Untuk kedepannya rencananya juga akan diadakan pelayanan akupunktur.

Griya Adiyuswa menyelenggarakan kegiatan komunitas Kawula Senja melalui Adiyuswa Senior Club. Mottonya “Bahagia Bersama Di Usia Senja”. Adiyuswa Senior Club merupakan sarana tempat kawula senja berkumpul dan bersosialisasi secara berkala. Kegiatan dan aktifitas disusun dan didukung oleh para profesional (neurolog, psikiater, psikolog, trainer, fisioterapis, perawat) sehingga acara terprogram dengan terarah untuk menjaga keseimbangan fisik, mental, sosial dan spiritual bagi segenap anggotanya.

Teks: BAS, foto: dok

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com