admin October 17, 2021

Hijaubintaro.id – School Science Center (SSC) Sekolah Pembangunan Jaya kembali mengikuti kegiatan International Observe the Moon Night (InOMN) yang diselenggarakan oleh NASA dan diperingati oleh seluruh dunia. Tahun ini InOMN diselenggarakan pada Sabtu (16/10). SSC Sekolah Pembangunan Jaya berkesempatan menjadi host sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia, untuk memfasilitasi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin belajar tentang ilmu dan eksplorasi bulan.

Tujuan diselenggarakan InOMN adalah untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia dalam perayaan bulan, sains, dan eksplorasi. “Kami ingin memperkenalkan astronomi dan memotivasi siswa untuk lebih membuka wawasan tentang apa yang ada di alam semesta ini dan lebih mencintai lagi kebesaran Tuhan YME, “ ujar Safitri Wijaya, Kepala SSC SPJ Bintaro.

Pada kegiatan ini SSC Sekolah Pembangunan Jaya bekerja sama dengan LAPAN Pasuruan yang merupakan legal partner NASA untuk memberikan materi terkait bulan serta mengajak seluruh peserta untuk tour ke bulan melihat kawah-kawah yang tampak pada teleskop.

Kegiatan diadakan secara online dan offline mulai pukul 18.30 – 20.30 WIB di tiga lokasi. Selain di SSC Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro juga diadakan di LAPAN Pasuruan dan School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya Sidoarjo. Sekitar 1000 peserta mengikuti InOMN via Zoom dan YouTube SSC Sekolah Pembangunan Jaya. Untuk mengikuti kegiatan ini peserta tidak dikenakan biaya. Selain itu peserta akan mendapatkan sertifikat yang didesain oleh NASA, namun ditandatangani oleh penyelenggara masing-masing negara.

“Penyelenggaraan InOMN bertepatan dengan fase bulan separuh, dimana fase ini merupakan fase yang paling tepat untuk pengamatan di malam hari atau petang, karena pada fase ini, sangat jelas terlihat terminator atau garis antara sisi terang dan gelap bulan. Begitu pula kawah-kawah bulan, “ jelas Safitri.

Pelaksanaan InOMN 2021 merupakan kolaborasi antara guru dan siswa Sekolah Pembangunan Jaya dan tim LAPAN Pasuruan. Meskipun kepanitiaan dari tiga lokasi yang berbeda, namun solid bekerja sama.

Teks: BAS, Foto: DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com