Admin of hijaubintaro July 1, 2018

Hidup menjadi tua adalah sesuatu yang pasti, karena semua orang akan menjadi tua dengan bertambah usia. Bagaimana ketika sudah tua atau dalam usia emas (golden age)? Jangan merasa membebani keluarga, menjadi manusia tidak berguna, kesepian, fokus pikiran hanya pada fisik, keluhan rasa sakit, dan lainnya. Lansia, selain kebutuhan sandang pangan, perlu menjaga ‘Api Semangat’ karena tetap perlu aktualisasi diri.

Klub Lansia Ichsan Mandiri (KLIM) adalah tempat bersosialisasi dan berinteraksi sesama lansia dengan aktivitas dan program yang menyenangkan dan menyehatkan. KLIM tergabung dalam Asosiasi Senior Living Indonesia, asosiasi yang menangani industri lansia di Indonesia.

Anggota berusia mulai 60 – 90 tahun, mayoritas berasal dari Bintaro Jaya, selebihnya dari Ciputat, BSD, hingga Rawamangun, Jakarta Timur.

“Pada lansia, kemunduran fisik dibarengi dengan timbulnya gangguan psikosomatis, ketika pikiran menyebabkan penyakit fisik,“ jelas Winani Kumalasary, motivator dari Komunitas Lansia Senior Tangguh. “Ikut dalam kegiatan lansia seumurnya yang memang sudah diprogram untuk lansia, adalah salah satu solusi tepat,“ tambah wanita yang akrab disapa Wina ini.

Dalam KLIM, semua kegiatan dinamakan terapi. Ada beragam kegiatan, diantaranya Exercise, berupa kegiatan fisik dan kebugaran seperti senam lansia, brain games, yoga lansia. “Tujuan untuk mempertahankan fungsi organ-organ tubuh,“ jelas Emir Saragih, Sales & Marketing Manager KLIM.

Kegiatan selanjutnya sharing/diskusi. Sharing biasanya tentang keluarga, cerita pengalaman hidup, dan kilas balik yang dapat mengasah memori. Ketrampilan/Seni juga dilatih di sini, seperti membuat prakarya, de coupage, kerajinan tangan, dan aneka hobi. “Kami juga melatih gerak dan tari untuk persiapan saat ada event atau festival di luar,“ jelas Emir. Terakhir, member KLIM diberikan entertain seperti karaoke dan aneka permainan.

“Tujuan akhirnya adalah lansia menjadi tangguh, mandiri, bahagia, dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, “ ujar Wina. Kualitas pikiran (mind) , fisik (body), dan jiwa (Soul) harus tetap terjaga.

Member KLIM juga difasilitasi kegiatan medis seperti konsultasi dokter, pemeriksaan tanda-tanda vital, dan cek darah. Kegiatan untuk para lansia ini diadakan seminggu sekali, setiap hari Selasa, pukul 9.00 – 12.00. KLIM juga menyediakan layanan antarjemput. Setiap 3 bulan sekali, KLIM membawa segenap member untuk ikut kegiatan field trip ke luar, misalnya ke pabrik nuggets, mengunjungi panti jompo, dan lainnya.

KLIM kerap ikut serta dalam kegiatan atau festival yang diadakan Asosiasi Senior Living Indonesia. Prestasi lumayan banyak. 8 April 2017 lalu KLIM meraih juara ke-3 Senior Got Talent dalam lomba bakat gerak dan lagu di event yang diadakan di Sentul, Bogor.

“Mari kita berikan kesempatan pada para Lansia kita sebuah kehidupan dan kegiatan, agar api semangat tidak padam!“ ajak Wina. “Pada akhirnya, mereka akan bahagia dan tentunya menjadi kebahagiaan bagi kita semua, “ tambahnya.

KLIM berlokasi di Ruko Kebayoran Arcade III no.22, Jln. HR Rasuna Said, Sektor 7, Bintaro Jaya.

Teks: BAS, Foto: Dok

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com