Admin of hijaubintaro January 27, 2020

Hijaubintaro.id – SMPI Al Azhar 3 Bintaro mendapatkan prestasi tingkat nasional Juara Umum Unjuk Kreasi Al Azhar (UKA) se-Indonesia tingkat SMP tahun 2020 yang diselenggarakan di Kampus Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu (25/1).

Gelar juara umum yang diperoleh delagasi UKA SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro dengan perolehan 5 kategori juara, yaitu Juara 1 Lomba MHQ Putra (Alif Marsudia Alfatih), Juara 1 Lomba MHQ Putri (Afralivia Cahya N), Juara 1 Lomba Debat Bahasa Indonesia (M. Vino Sebastian), Juara 2 Lomba Solo Vokal (Marsya Ayuni Lavinia) dan Juara Harapan 3 Lomba MTQ Putri (Syifa Adistiani Aulia)

UKA adalah kegiatan yang bertujuan merangsang berkembangnya berbagai potensi non akademik murid-murid Al Azhar, khususnya jenjang pendidikan SMP dan SMA. Penumbuhan potensi ini membutuhkan lingkungan yang kondusif. Kegiatan ini merupakan program tahunan Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar dan tahun ini merupakan penyelenggaran UKA yang ke-12.

Cabang lomba yang digelar pada UKA 2020 tingkat SMP mencakup 5 bidang yang terdiri dari 15 mata lomba, yaitu Bidang Agama (Lomba MTQ Putra, Lomba MTQ Putri, Lomba MHQ Putra, Lomba MHQ Putri dan Lomba Kaligrafi Islam), Bidang Seni (Lomba Tari Kreasi Daerah, Lomba Solo Vokal, Lomba Solo Gitar dan Lomba Fotografi), Bidang Bahasa (Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Baca Puisi, Lomba Story Telling, dan Lomba Cipta Cerpen), Bidang Teknologi ( Lomba Desain Poster) dan Bidang Olahraga (Lomba Bulu Tangkis).

ā€œUKA menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pengembangan potensi non Akademik sekolah Al Azhar jenjang SMP dan SMA. Tentu harapannya setiap sekolah SMP dan SMA Al Azhar akan mempersiapkan diri menyambut pagelaran lomba tahunan ini. Dengan demikian, secara massal potensi non akademik akan bangkit dan terpacu dirangsang oleh penyelenggaraan UKA. Sekaligus pula, Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar dapat mengevaluasi kemajuan pengembangan potensi non Akademik sekolah-sekolah Al Azhar jenjang SMP dan SMA melalui pagelaran lomba dalam UKA ini. Selain itu, ajang ini menjadi pemanasan dan persiapan bagi sekolah Al Azhar mengikuti kegiatan FLS2N dan O2SN yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, ā€œ jelas Casidin, Kepala Sekolah SMPI Al Azhar 3 Bintaro.

Anugrah juara umum UKA merupakan hal yang sangat positif, menjadi inspirasi dan menjadi motivasi bagi seluruh warga sekolah khususnya murid-murid SMP Islam Al Azhar 3 Bintaro untuk terus berprestasi sebagaimana program sekolah Satu Murid Satu Prestasi (SMSP).

UKA ke-13 rencananya akan diadakan di Yogyakarta tahun 2021 mendatang.

Teks: BAS, foto:DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com