Admin of hijaubintaro February 16, 2020

Hijaubintaro.id – SMPI Al Azhar 3 Bintaro menyelenggarakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di sekolah selama 2 hari, mulai Sabtu (15/2) hingga Minggu (16/2). Kegiatan ini diikuti segenap siswa kelas 7 (142 siswa) dan 20 siswa kelas 8 yang merupakan anggota tim inti Pramuka SMPI Al Azhar 3 Bintaro. Pembina kegiatan Persami tingkat Penggalang ini adalah Pramuka Kwartir Ranting Pondok Aren, Tangsel yang berjumlah 8 orang.

Rangkaian kegiatan diisi dengan berbagai materi dan kegiatan, seperti mempelajari tentang pertolongan pertama dan tandu, sandi, semaphore, morse, dll. Selain itu juga diadakan berbagai lomba, seperti: Rangking One, Vlog Competition, Maskot Pramuka, Puzzle Word, Kim Lihat. Pada Sabtu malam diadakan upacara api unggun dan malam Bhinneka Tunggal Ika. Pada Minggu pagi, diadakan lomba masak nasi goreng (beregu), dilanjutkan dengan Wide Games dan pelantikan Rakit dan Terap.

“Persami merupakan program sekolah yang ditujukan untuk meningkatkan kemandirian anak di segala hal, melatih kecerdasan sosial anak untuk menerima keadaan teman-teman di sekitar dengan apa adanya, dan belajar untuk mendewasakan diri, saling mengerti agar timbul rasa kebersamaan, “ jelas DR. Bukhori Mukhtar, MA., Wakasek SMPI Al-Azhar 3 Bintaro.
Persami juga melatih siswa untuk bertanggung jawab dan pemberani, melatih kedisplinan, suka

bergotong royong dalam kebersamaan, meningkatkan kepedulian, belajar mencintai alam, belajar berorganisasi dan bekerjasama, melatih kepemimpinan dan kreatifitas.

“Dengan mengikuti kegiatan Persami ini diharapkan para siswa juga menjadi tidak manja di sekolah maupun di rumah. Selain itu diharapkan bagaimana adab menjadi bagian integral dari sikap murid ketika mereka berinteraksi dengan sesama, dengan keluarga, dan tetangga. Jadi adab itu menjadi tolak ukur keberhasilan pengajaran di Al-Azhar sesuai tema tahun ini ‘AL-Azhar sebagai sekolah Beradab, “ ujar DR Bukhori. “Dengan kegiatan Persami ini kami berharap tidak hanya akademis yang diusung Al-Azhar tetapi juga nuansa etika, adab dalam pergaulan murid-murid itu menjadi tema yang kita harapkan diterima oleh masyarakat, “ tambahnya.

Perkemahan Pramuka juga rutin diadakan oleh YPI Al-Azhar dan Direktorat Dikdasmen Al-Azhar setiap tahunnya. Perkemahan tsb rencananya diadakan tanggal 12-14 Maret 2020 di area Perkemahan Cibubur. Pesertanya sekitar 600 siswa dari Sekolah Al-Azhar di seluruh Indonesia.

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com