admin March 1, 2021

Hijaubintaro.id – Agar program vaksinasi Covid-19 di lingkungan Taman Puri Bintaro (TPB) berjalan sukses dan lancar, Pengurus Gugus Covid TPB bekerja sama dengan UPT Puskesmas Sawah Baru mengadakan penyuluhan tentang vaksinasi Covid-19 dan tata laksananya via Zoom Meeting pada hari Minggu (28/2). Kegiatan ini diikuti oleh 98 warga dari RT07, RT08, dan RT09 RW09 dan dihadiri oleh Widya, Kepala UPT Puskesmas Sawah Baru dan dr. Sulirahayu, selaku narasumber, membahas materi “Sosialisasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19”

Ada 4 point penting yang disampaikan narsum. Pertama: tujuan vaksinasi Covid-19 adalah membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity), menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan, dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. Kedua: Vaksinasi Covid-19 yaitu Sinovac sudah terbukti aman, halal dan suci. Ketiga: apabila masyarakat penerima vaksin mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat atau serius maka masyarakat dapat segera melaporkan memakai Formulir Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi; KIPI Serius dan Investigasi ke Puskesmas. Formulir dapat diunduh di : https://bit.ly/formkipi .Tata cara pelaporan melalui web keamanan vaksin dapat dilihat pada Buku Pedoman: https://bit.ly/jukniswebkipi. .Pemerintah akan menanggung perawatan apabila muncul kasus KIPI usai vaksinasi Covid-19.

Widya sebagai Kepala UPT Kepala Puskemas Sawah Baru menjelasakan bahwa mekanisme pelaksanaan vaksinasi diperlukan pendataan warga terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah penduduk di RW 09 seperti usia manula, balita dan usia 18 sd 59 tahun.

Untuk itu pihak UPT Puskesmas Sawah Baru menyediakan tautan dengan Google Form untuk diisi warga. Tujuannya agar dapat diketahui pasti berapa jumlah warga berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin dan pekerjaan, sehingga kebutuhan vaksin sesuai target umur dapat dihitung.

Data utama yang diperlukan untuk pendataan vaksinasi adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan No Kartu Keluarga, karena penyediaan vaksin berdasarkan jumlah NIK yang terdaftar. Vaksinasi Covid-19 di UPT Puskemas Sawah Baru juga bisa untuk warga Non KTP Tangsel.

Begitu banyak pertanyaan yang diajukan warga TPB kepada narasumber. Warga begitu antusias menyambut program Vaksinasi Covid-19 yang akan diselenggarakan tidak lama lagi. Diharapkan semua warga mendukung program vaksinasi dan mengisi data akurat. Bila ada yang kesulitan dapat mengubungi Pengurus Gugus Covid TPB.

Di akhir acara, M. Kuncoro selaku moderator menginformasikan bahwa Pengurus Gugus Covid TPB sedang menyiapkan Google Form untuk tujuan pendataan warga dan pendataan vaksinasi Covid-19. Tautan Google Form akan segera disebarluaskan kepada warganya. Pengurus Gugus Tugas Covid TPB terdiri dari Ketua RT07, 08, dan 09 /RW09 dan relawan warga TPB. Adang Saf Ahmad sebagai Ketua Gugus sekaligus Ketua RT07/RW09 TPB.

Teks: BAS, foto: DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com