Admin of hijaubintaro August 8, 2020

Hijaubintaro.id – RS Premier Bintaro bekerjasama dengan PT Ferron Par Pharmaceuticals mengadakan webinar dengan tema “Kesiapan Diabetasi Di Masa New Normal” pada hari Sabtu, (8/8) mulai pukul 09.00 – 10.00. Webinar diikuti sekitar 100 peserta.

Webinar menampilkan 2 narasumber spesial dari RSPB. Narasumber pertama adalah dr. A.B Wardoyo, Sp. PD, dengan materi “Bagaimana Diabetasi Menghadapi Pandemi Covid-19”.

“Untuk menangani diabetisi selama pandemic, resiko tertular virusnya itu sama, tapi jika diabetasi ini kemudian terkena infeksi (bukan hanya covid) dan apabila diabetisi ini tidak terkendali baik gulanya, maka resiko sakitnya akan meningkat, “ jelasnya.

Pesannya kepada para diabetasi yang sehari-harinya sudah berhasil menjalankan dietnya dengan baik sejak sebelum pandemic, agar meneruskannya. Namun jika belum, segeralah memperbaiki dietnya.
“Saya ingin menggugah orang untuk mengendalikan makan agar gulanya bagus. Walaupun kita di rumah untuk WFH, tapi lingkungan rumah itu bisa untuk kita pakai untuk olahraga, latihan-latihan yoga, dsb.

Olahraga ringan hingga sedang, seminggu minimal 5x dengan durasi 30 menit. Dengan WFH harusnya jadwal minum obat menjadi lebih teratur dan tepat waktu, “ harapnya.

“Walaupun kita tidak bisa tatap muka, tetapi semua penyandang diabetes ini diharapkan dapat tergugah agar lebih concern lagi untuk mengendalikan diabetesnya. Era-era seperti ini adalah era keterbukaan, harusnya dokter juga mempunyai akses. Pasien bisa langsung kontak dokternya, baik lewat whatsapp, telepon atau berkonsultasi via digital. Jadi selama pandemic kontak selalu ada, “ harap dr. A.B Wardoyo, Sp. PD yang juga merupakan ketua Diabetes Club RS Premier Bintaro.

Narasumber webinar selanjutnya adalah dr. Hepi Hapsari, M.Gizi, membahas materi “Mitos & Fakta Diet Untuk Diabetasi”. Melalui materi-materi yang disampaikannya dirinya ingin mengajak para diabetasi untuk menjalankan diet secara baik dan benar.

“Sekarang sedang wabah covid, dimana diabetes menjadi komorbid. Dengan bisa mengendalikan gula darah, maka jika Anda sampai terpapar covid-19 resiko atau tingkat terjadinya komplikasi ini bisa ditekan. Salah satu cara mengendalikan gula darah yang baik diluar obat dan olah raga tentu saja pengaturan pola makan. Jalankan diet yang benar, jangan sampai Anda tidak makan apa-apa atau pantang ini itu untuk berdiet, tapi malah membuat gula darah tambah jelek karena salah langkah, “ jelas wanita yang ramah disapa dr. Hepi.

Sarannya untuk diabetesi, sebaiknya jadwal makan 5-6 kali sehari, terbagi dari 3 kali makan besar dan 2 sampai 3 kali makan ringan atau ngemil. “Makan apa saja boleh, baik nasi maupun lontong, tapi harus memperhatikan jumlah kalori, karbohidrat dan modifikasi untuk menurunkan glycemic index dengan menambah serat,” jelasnya.

Usai penyampaian materi-materi dari narasumber, para peserta berkesempatan mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Asik lho, untuk 5 orang penanya terbaik diberikan hadiah Paket Perlengkapan New Normal.

“Diabetes tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikelola sebaik mungkin, “ tutup dr. A.B Wardoyo, Sp. PD yang juga merupakan ketua Diabetes Club RS Premier Bintaro.

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com