Admin of hijaubintaro April 9, 2018

Komunitas Bintaro Dog Lover (BDL) terbentuk pada 25 Juli 2015. Komunitas ini didirikan berdasarkan kesamaan visi dan misi dalam memasyarakatkan anjing di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.
“Tujuannya, agar seluruh pecinta anjing, selain mengasihi dan merawat dengan baik, pemilik juga dapat memberdayakan serta memanfaatkan kecerdasan dan intuisi istimewa mereka untuk kepentingan keluarga, “jelas Angelita Nadira Tadjoedin, salah seorang pengurus Tim Edukasi BDL. “Komunitas ini kami bentuk dengan tujuan sebagai wadah silaturahmi sesama warga Bintaro dan sekitarnya yang memiliki anjing sekaligus kita jadikan tempat sharing terkait pemelihara anjing, “ tambah wanita yang akrab disapa Angel ini.
Seiring berjalannya komunitas ini dan banyaknya terjadi kasus anjing terlantar di daerah Bintaro, pada tahun 2017 dibentuklah tim rescue, ditunjang tim donasi, team adopt dan tim edukasi untuk membantu menangani anjing-anjing yang terlantar tsb. Segenap tim saling bersinergi.
Anggota aktif BDL saat ini sekitar 100 orang, berasal dari Bintaro dan sekitarnya. Jenis anjingnya beragam. Untuk bergabung dalam komunitas ini, syaratnya tidak sulit. Selain harus memiliki anjing,harus mencintai hewan berkaki empat tsb. Segenap anggota dikenakan iuran Rp.20.000 per bulan, digunakan untuk membantu menangani anjing-anjing terlantar maupun kegiatan BDL lainnya.

Untuk meningkatkan keakraban antar anggota, BDL punya jdwal kumpul. Bintaro Dog Lover memiliki kegiatan rutin ‘Dog Walk’ yang diadakan di parkiran Talaga Sampireun setiap Sabtu pagi mulai pukul 7.00 – 9.00. Setiap pengadaan Car Free Day (CFD) Bintaro di hari Minggu ke-3 setiap bulannya, segenap anggota BDL juga kerap kumpul di sekitar lokasi CFD. Pada kegiatan ini, setiap anggota harus membawa anjing- anjing kesayangannya. “Komunitas ini sangat bertanggungjawab dengan kebersihan, setiap anggota juga siaga membawa kantong plastik, untuk membersihkan kotoran anjingnya masing-masing,” jelas Angel yang warga Althia Park.

BDL juga sering mengadakan gathering. Dalam sebuah kesempatan di CFD Bintaro, BDL bekerjasama dengan Aviary Bintaro mengadakan gathering yang diawali dog walking dari samping gedung Indika Bintaro menuju Aviary Bintaro. Kegiatan ini juga dimeriahkan talkshow dan membuka kesempatan bagi yang berminat mengadopsi anjing.

Kegiatan rutin BDL melalui tim Rescue adalah menolong anjing terlantar di Bintaro dan sekitarnya. Selain itu BDL juga mengedukasi bahwa anjing bukanlah untuk dikonsumsi. “Karena selain melanggar hukum UU Peternakan dan Hukum Pidana, anjing adalah sahabat manuasia dan keluarga, mereka mencintai manusia dengan kasih tanpa syarat, “ jelas Angel.

Dalam kegiatan bulanan, tim mengadakan kegiatan ke sekolah-sekolah untuk mengedukasi bahwa anjing adalah hewan yang baik, sahabat manusia dan bukan untuk dikonsumsi. Setiap bulannya juga BDL membantu mengurusi tempat penampungan anjing terlantar di beberapa rumah anggota BDL.

Usai merescue anjing di jalan di wilayah Bintaro dan sekitarnya, biasanya foto anjing akan dipublish di Facebook dan Instagram BDL.Jika ternyata tidak ada pemilik yang mengklaim kepemilikan anjing tsb, maka akan di open adopt sesuai ketentuan. Bagi calon adopter, selain diminta mengisi form di atas materai, juga diinterview dulu dan jika diperlukan juga akan disurvey dulu.

Tiada kendala khusus di dalam komunitas ini. “Kami juga terus menyemangati anggota BDL untuk tetap terus melakukan hal-hal yang baik unttk menolong dan menyebarkan kasih agar masayarakat sekitar kita menyayangi anjing dan berkomitmen dalam memeliharanya,” ujar Angel.

“Harapan ke depan, semakin banyak masyarakat di Bintaro yang peduli bahwa anjing adalah sahabat manuasi dan tidak perlu membeda-bedakan anjing ras dan non ras,” harapnya. “Pada dasarnya, semua anjing sama, mereka memiliki hati yang penuh kasih dan setia,” tambahnya.

Teks: BAS, Foto: Dok

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com