Admin of hijaubintaro April 9, 2018

Tujuannya Sehat Fisik dan Bathin

Discovery Troopers adalah sebuah komunitas yang memiliki antusias besar terhadap olahraga, sekaligus membantu lingkungan sekitar dalam kegiatan sosial. Bermula dari tiga orang warga bertetangga di klaster Discovery Terra, sektor 9 Bintaro Jaya; Rima Melati, Xavier Fabrega dan Ambar Galih yang kerap olahraga bareng. Rima kemudian mencetuskan idenya untuk mengajak warga lainnya ikut sehat dan berolah raga bersama-sama.

Rima menekuni Yoga sejak 2015 dan memiliki sertifikası 200HR YTT (200 hour yoga teacher training) yang diperolehnya dari studio Gudang-Gudang Yoga Studio. Kemudian tahun 2016, Rima memperoleh sertifikasi sebagai PoundPro, dimana olahraga ini sekarang sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Xavier Fabrega atau biasa disapa Xavi adalah pengajar Pilates yang memiliki sertifikası Balanced Body Pilates. Xavi pernah menjabat sebagai country manager Celebrity Fitness di Singapore. Di Discovery Troopers, selain Pilates, Xavi melatih Bootcamp.

Terakhir, Ambar Galih atau Vita yang baru saja tamat dari Master Ilmu Ekonomi di UI, dan sedang menikmati waktunya sebagai full-time mommy. Di Discovery Troopers, Vita menangani bidang keuangan dan administrasi, kadang juga seksi dokumentasi.

Kegiatan olahraga yang diadakan Discovery Troopers jenisnya bermacam-macam dan diadakan berbeda-beda setiap minggunya, bergantian mulai Yoga, Pilates, Pound, Bootcamp, Zumba, dan Strong Zumba. Rencananya, untuk ke depan akan ditambah lagi olah raga lainnya.

“Tujuan utama Discovery Troopers adalah menjadi sehat bersama, baik yang ikut maupun yang tidak ikut kegiatan kami. Sehat fisik maupun batin. Dan kegiatan olahraga kami ini ingin membuat lingkungan Bintaro Jaya lebih baik, “ jelas Vita.

Kegiatan pertama diadakan 7 Mei 2017 dengan mengadakan Yoga dan Pilates di taman klaster Discovery Terra. Masing-masing selama 30 menit. Kegiatan ini rutin diadakan setiap minggu. Usai pengadaan special event pada bulan Juli di Aviary Bintaro, mulai bulan September hingga Desember 2017 , khusus minggu ke-3 kegiatan menjadi rutin diadakan di Aviary Bintaro, berbarengan dengan Car Free Day Bintaro. Mulai awal tahun 2018 Discovery Troopers kembali rutin mengadakan kegiatannya di Discovery Terra, setiap hari Minggu pagi, mulai pukul 6.

Peserta yang ikut dalam kegiatan yang diadakan Discovery Troopers sangat bervariatif. Ada yang masih remaja hingga di atas 60 tahun.”Tidak sedikit ibu-ibu yang ajak anak nya, atau anak nya yang ajak orang tua nya, atau ibu-Ibu yang ajak suaminya, “ jelas Vita yang kelahiran Yogyakarta, 12 November 1985. Namun,saat ini lebih dominan perempuan. “Padahal komunitas dan kegiatan ini juga buat laki-laki. Mungkin karena banyak yang belum tahu bahwa kegiatan ini juga buat laki-laki dan perempuan, baik yang pemula maupun bukan, “ jelas Vita lagi.

Kegiatan Discovery Troopers tidak hanya untuk warga Discovery Terra, tapi dibuka untuk umum. Siapa saja boleh ikutan. Dari luar Bintaro juga banyak yang bergabung. Saat ini anggota Discovery Troopers berjumlah sekitar 100 orang. Yang rutin mengikuti kegiatan setiap minggunya sekitar 40 orang.

Untuk bergabung, syaratnya mudah. Calon peserta dapat mendaftar dengan mengisi biodata melalui email. Selanjutnya, setiap anggota wajib membayar iuran Rp.50.000 per-kedatangan. Uang iuran biasanya digunakan untuk kegiatan charity atau kegiatan sosial dan membayar pelatih tamu. “Biasanya, sebulan sekali kami mengundang pelatih tamu,” jelas Vita. Yang pernah menjadi pelatih tamu Discovery Troopers adalah Deera Dewi (Yoga), Anjasmara (Yoga), Yohana (Yoga), Echi (Strong Zumba), Claudia (Strong Zumba), Cathy (Zumba), Adit (Bootcamp), dan lain-lain.

Untuk mengajak para calon anggota baru untuk bergabung, dirasakan Vita bukan merupakan sebuah masalah. “Saat ini rata-rata tingkat kesadaran warga untuk hidup sehat sudah cukup tinggi, bahkan menjadi sebuah lifestyle, “ ujarnya. “Hanya saja kadang mereka belum tahu bagaimana atau dimana tempatnya untuk memulai, tambah Vita. Kiat-kiat Vita untuk menjaring anggota baru adalah memposting beragam kegiatan Discovery Troopers di instagram. Setelah melihat banyak postingan mengenai kegiatan-kegiatan Discovery Troopers di akun instagram, biasanya calon anggota baru jadi semakin banyak yang bertanya-tanya,atau penasaran. Selanjutnya bergabung.

“Terealisasinya Discovery Troopers juga tidak luput dari dukungan penuh baik spiritual maupun non spiritual dari musisi Marcell Siahaan, yang merupakan suami Rima. Marcell yang awalnya support ide ini, dan kasih berbagai masukan serta saran baik untuk event olahraga maupun acara donasi. Marcell juga sering ikut sebagai peserta kegiatan mingguan Discovery Troopers. Bisa dibilang seperti partner bayangan, tapi support leader,” tutup Vita.

Teks: BAS, Foto: Dok

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com