admin October 29, 2020

Hijaubintaro.id – Di masa sulit akibat Pandemic Covid-19, banyak sekali masyarakat yang terdampak, baik dari bidang ekonomi dan sosial. Ingin turut membantu meringankannya, Andhika Istiono Putra mencetus sebuah program yang dinamainya Gerakan Sedekah Nasi Jumat @sedekahnasjum pada Juli 2020 lalu.

Awalnya, Andhika membuat platform @sedekahnasjum sebagai sarana bagi keluarga dan teman dekatnya yang ingin ber-Infaq dan bersedekah. Seiring berjalannya waktu, ternyata banyak dari kalangan umum yang ikut.

“Program Sedekah Nasi Jumat secara umum adalah untuk men-Syiarkan kegiatan Infaq dan Sedekah di hari Jumat. Kami menjembatani dan mendistribusikan paket makanan, minuman dan Paket Sembako Sederhana Gratis kepada yang berhak,“ jelas pria berusia 33 tahun, warga Mandar Bintaro Sektor 3A ini.

“Awal niatan Gerakan Sedekah Nasi Jumat adalah murni kegiatan sosial dengan dasar Non Profit Organization,dimana kami menawarkan kepada donatur yang berkenan untuk ber-Infaq dan ber-sedekah dengan paket makanan dan minuman seharga Rp. 12.500,per-porsi. Komponennya berupa makanan yang dikemas dengan kotak biogredable serta nasi putih,3 jenis lauk pauk dan minuman kemasan yang semuanya kami olah in-house. Berdasarkan harga ini kami berkomitmen tidak mengambil untung dari hasil paket makanan yang di infaq/sedekahkan. Dengan harga tsb kami berharap dapat memberikan peluang bagi para donatur untuk ikut berbagi, “ jelasnya.

Setelah riset selama menjalankan program makanan dan minuman, @sedekahnasjum kemudian mengembangkan alternatif lain berupa Sembako Sederhana Gratis. Isinya bahan kebutuhan pokok,yaitu: beras, minyak, gula, mie instan, sarden atau kornet yang bisa segera dimasak. Harga bagi donatur, ditawarkan mulai dari Rp.15.000 per-paket. Isinya beras ½ kg, 1 bungkus mie telur dan sekaleng kornet.

Selain uang @sedekahnasjum juga menerima bentuk lainnya.“Kami berencana mengembangkan Infaq/Sedekah Alquran kepada Yayasan Yatim Piatu dan Yayasan Tahfidz Quran,“ tambah Andhika.

Andhika dan tim menghimpun Infaq dan Sedekah dari para donatur dan berkegiatan utama pada hari Jumat. Pendistribusian paket makanan + minuman dan Paket Sembako Sederhana Gratis diadakan mulai pukul 11.00 hingga usai Ashar di wilayah Bintaro Jaya ,dskt ( Pondok Pesantren dan Tahfidz Quran) dan beberapa Yayasan Yatim Piatu dan Tahfidz Quran di wilayah Bogor,dskt. “Insya Allah kedepannya jangkauan dan kapasitas pendistribusian lebih luas lagi,“ harapnya.

Saat ini, setiap Jumat rutin didistribusikan sekitar 200 paket makanan dan minuman dan 150 Paket Sembako Sederhana Gratis. Jumlah dapat berubah disesuaikan jumlah infaq dan sedekah yang terkumpul.

“Saya berharap kedepannya gerakan kecil ini bisa berdampak besar bagi masyarakat dan menjembatani para donatur dengan penerima infaq/sedekah. Kami selalu ingin ikut berbagi dengan sesama,“ jelas Andhika.

Selanjutnya, Andhika ingin membuat badan hukum berupa Yayasan, agar @sedekahnasjum dapat dikelola lebih professional, accountable dan punya payung hukum. Kini tengah didaftarkan melalui notaris. Basecamp @sedekahnasjum di Griya Auliyaa, Jl Unta Raya no. 45, Pondok Ranji.

Jika ada warga budiman yang ingin berpartisipasi menjadi donatur,silahkan follow instagram @sedekahnasjum,atau langsung menghubungi Andhika di (Tlp/WA) +6287780000216

Teks: BAS,foto:DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com