admin January 27, 2021

Hijaubintaro.id – Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) @UPJ_Bintaro bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) Tangerang Selatan, menyelenggarakan webinar dengan judul “Peran Guru BK dalam Pendampingan Siswa Memilih Program Studi di Masa Pandemi” pada Selasa (26/1) mulai pukul 13.00 hingga selesai.

Webinar via zoom dan streaming di Channel YouTube UPJ ini menghadirkan narasumber Gita Widya Laksmini S., M.A., M.Psi., Seorang Psikolog, yang merupakan Dosen Psikologi di UPJ.
“Topik ini berangkat dari tantangan yang diadapi oleh Guru BK, khususnya ketika berhadapan dengan siswa Kelas XII. Siswa Kelas XII kerap mengandalkan Guru BK untuk menjawab kebutuhan mereka yakni memilih jurusan atau program studi yang tepat dan yang sesuai dengan siswa. Siswa sangat mengandalkan Guru BK dalam menentukan jurusan atau program studi yang tepat yang harus dipilih ketika memasuki Perguruan Tinggi. Dalam hal ini, Guru BK menjadi ujung tombak penentuan jurusan tersebut. ‘Jangan sampai siswa salah jurusan’ adalah hal yang sangat diutamakan oleh Guru BK. Apalagi di masa pandemik seperti ini. Ketika segala sesuatu menjadi terbatas. Pertemuan tatap muka untuk pembimbingan siswa harus diubah ke online. Adakah cara yang tepat dalam membimbing siswa menumukan jurusan atau program studi di masa pandemik seperti sekarang ini?. Hal ini juga merupakan tantangan tersediri bagi Guru BK, “ ujar Hadijah Suhana, Humas UPJ.

Webinar ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan pemahaman Guru BK dalam membantu siswa memilih Program Studi yang tepat khususnya di masa pandemik seperti saat ini, Selain itu juga diharapkan supaya Guru BK dapat memberikan bimbingan kepada siswa dalam pengambilan jurusan atau Program Studi yang tepat dan Guru BK juga bisa menjadi solusi bagi setiap kebutuhan siswa, terutama di masa pandemik seperti ini.

Webinar ini dihadiri 77 guru BK yang tergabung dalam MGBK se-Tangerang Selatan, yang merupakan Guru BK dari SMA/SMAN dan SMK/SMKN.

“Setiap bulan, UPJ biasanya mengadakan 4-5 kali webinar, berangkat dari topik-topik yang saat ini dibutuhkan oleh para stakeholder, sedang hangat dibicarakan dan tentunya sesuai dengan expertis UPJ di 10 Program Studi, “ ujar Hadijah Suhana, yang akrab disapa DJ.

Saat ini Universitas Pembangunan Jaya membuka Penerimaan Mahasiswa Baru. Dapatkan Potongan 30% uang pangkal berupa Potongan Rata-Rata Rapor, Potongan Peringkat Kelas dan Potongan Ujian Saringan Masuk. Selain itu, ada beasiswa FULL sampai LULUS: Beasiswa OSIS/MPK (Tim Inti), Akademik (Peringkat Paralel) dan Non Akademik (Kejuaraan). Info: Admisi – 0812-1295-3000, admission@upj.ac.id

Teks & Foto:BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com