Admin of hijaubintaro April 15, 2018

Demi menciptakan keamanan, kehidupan sosial dan kenyamanan di wilayah Kelurahan Pondok Pucung, Kodim 0506/Tgr, Koramil 07/Pondok Aren, Polsek Pondok Aren dan pengurus warga dari seluruh RW di wilayah Pondok Pucung berkolaborasi membentuk komunitas keamanan yang diberi nama Jalur Kebersamaan 09 atau Jalur 09, resmi terbentuk tanggal 10 November 2017.

“Anggota Jalur 09 adalah orang-orang yang dipilih dan dibina oleh Babinsa setempat Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Kodim 0506/Tgr, Koramil 07/Pondok Aren, yaitu orang sipil seperti pengurus RW, RT, tokoh warga, maupun elemen masyarakat, yang dapat bekerjasama dan berkomunikasi untuk melakukan penjagaan,“ jelas Oki Jamhur, Ketua Jalur 09 yang juga Ketua RW 10 Pondok Pucung. Anggotanya kini berjumlah 165 orang, berasal dari 17 RW dan 98 RT yang berada di wilayah Kelurahan Pondok Pucung.
Jalur 09 adalah komunitas berbasis kegiatan sosial, tidak dipungut biaya, dan tidak digaji. Setiap RW memberikan kontribusi. Sekretariat beralamat di Kantor Kelurahan Pondok Pucung.
Jalur 09 memiliki kegiatan rutin seperti Ronda Bersama atau Patroli Lingkungan. Setiap RW mengirimkan 1 orang perwakilan satpam untuk ikut berkeliling wilayah Pondok Pucung. Kegiatan ini diadakan setiap Rabu malam dan Sabtu malam, dimulai pukul 00.00 hingga pukul 03.00.

Setiap RW juga sharing situasi wilayah-wilayah yang dirasa rawan kejahatan maupun rawan narkoba. “Supaya saling monitor antarkoordinator keamanan, kami punya frekuensi handy Talkie (HT) khusus,“ jelas Nurharyono, koordinator keamanan RW12. Round Call diadakan pukul 21.00 dan 01.00.
Jalur 09 juga mengadakan kegiatan bakti sosial seperti membersihkan pemakaman di Jalan Haji Som di RW01 dan mengadakan bedah rumah di RW16 beberapa waktu lalu. Rencananya, baksos diadakan rutin setiap bulan.
Jalur 09 juga mengadakan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan fisik dan knowledge segenap anggota, seperti dasar-dasar pengamanan dan SOP. Pelatihan diadakan setiap bulan.
Dalam waktu tertentu, Jalur 09 mengadakan operasi gabungan di wilayah Pondok Pucung yang melibatkan Koramil 07/Pondok Aren dan Polsek Pondok Aren.
Ke depan, Jalur 09 diharapkan dapat jadi percontohan bagi Kelurahan di sekitar seperti Kelurahan Parigi, Sawah Baru, dan kelurahan lain.***

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com