admin October 5, 2021

Hijaubintaro.id – Cedera saat berolahraga memang tak boleh diabaikan. Walau dampaknya tidak langsung dirasa, untuk jangka panjang efeknya bisa fatal dan berpengaruh pada performa fisik dan mental. Terlebih bila itu terjadi pada seorang atlet profesional, tentu akan menurunkan performa bertandingnya. Oleh karena itu sangat penting mengetahui ragam cedera yang terjadi saat olahraga. Baik itu yang memerlukan penanganan segera, maupun yang tidak, agar terhindar akibat yang lebih fatal.

Guna menjelaskan lebih lanjut mengenai cedera saat berolahraga, pada Selasa siang (5/10) RS Premier Bintaro menyelenggarakan talkshow dengan tema ‘Bincang Santai Seputar Cedera Olahraga’ dengan menghadirkan narasumber spesial dr. Sapto Adji, Sp.OT (K) (Spesialis Orthopaedi RS Premier Bintaro) dan dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT (K). (Spesialis Orthopaedi RS Premier Bintaro)

“Ada jenis olahraga tertentu,bisa memicu detak jantung lebih cepat melebihi kemampuan pompa jantung. Ada juga jenis olahraga yang memicu beban terlalu besar pada sendi dan tulang sehingga sangat beresiko,” jelas dr. Sapto Adji, Sp.OT (K). Dengan berkonsultasi pada dokter dan spesialis, masyarakat bisa mendapatkan saran pilihan jenis olahraga yang tepat untuk dijalani demi mendapatkan kebugaran badan. “Dengan berkonsultasi kepada dokter atau spesialis, kita akan mengetahui cara untuk menghindari risiko cidera, “ jelasnya lagi.

“Faktor penyebab cedera karena tidak memiliki ilmu yang cukup tentang olahraga tersebut,” ujar dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT (K). Dirinya memberi contoh, olahraga lari atau jogging yang banyak digemari masyarakat karena terkesan mudah dan ringan. Padahal untuk olahraga ini harus memiliki perangkat yang mendukung seperti sepatu khusus, serta pemahaman tentang struktur sendi pada tubuh. Potensi cidera juga sering terjadi jika olahraga dilakukan tanpa pemanasan, tanpa cooling down pasca aktivitas

Sport Clinic RS Premier Bintaro hadir untuk memberikan layanan yang terpadu dan komprehensif untuk penanganan seluruh masalah-masalah yang timbul sehubungan dengan aktivitas olahraga. Problem yang ditangani tidak hanya meliputi masalah-masalah yang berkaitan dengan olahraga prestasi (untuk para atlet) saja tetapi juga hal-hal yang berhubungan dengan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat (yang biasa dilakukan sendiri atau di pusat-pusat kebugaran)

Teks & Foto: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com