admin September 18, 2022

Hijaubintaro.id – Penggiat Lingkungan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Kecamatan Ciputat Timur, Kelurahan Rengas mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD) 2022. Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas dan komponen sosial masyarakat seperti: PMI, Karang Taruna Kel. Rengas, IPEMI, KSK, Babinsa, Babinkamtibmas, BRIN, KLPI, ICMI Orda Tangerang Selatan, Penyuluh dan Pengurus TPS 3R, Penyuluh dan Pengurus Bank Sampah, Eco Enzym, Ecobrick, Komposter, Hydroponik, Daur Ulang, Lapak, Depo Maggot, Rumasa, Pengurusan Jenazah Purnahayati, DKM, Laskar Muda Lingkungan, Boedoet Rescue Satu Kosong Enam, Happy Tangsel, Pesapon DLH, Penggali kubur, Kiswah, Fokuswanda, RAPI, PBI dll. Puncak acara peringatan WCD diadakan pada hari Minggu (18/9/22) di RW08 Kenari – Punai – Kutilang (KPK), Bintaro Jaya Sektor 2, Kel. Rengas, Kec.Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan

Penggiat Lingkungan merupakan Organisasi Tanpa Bentuk (OTB) tidak mempunyai struktur organisasi dan kepengurusan dalam aksinya berkoordinasi bergotong-royong dan secara sukarela serta swadaya secara bersama–sama untuk melakukan pengelolaan lingkungan dan solusi masalah – masalah sosial di masyarakat.

World Cleanup Day (WCD) adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah. Aksi ini merupakan perwujudan peningkatan kepedulian terhadap permasalahan sampah serta menjadi sarana memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi, karena Bumi adalah satu – satunya ruang hidup untuk keberlangsungan kehidupan manusia.

Pada puncak kegiatan peringatan WCD di RW08 KPK ini diadakan berbagai kegiatan massal,
dimulai dengan senam bersama, Jalan Sehat dengan Gerakan Massal Pungut Bersih Tangani Sampah (GERMAS PUBERTAS) sebagai tindak lanjut Pilah Sampah dari Rumah PILSADAR). Peserta jalan sehat diberikan kantong sebagai tempat sampah yang dipungut sepanjang jalan yang dilalui dan sampah–sampah tersebut akan dipilah dan diolah dengan metode 3R yang disimulasikan di stand Bank sampah, TPS3R, Maggot Rumahan, Komposter, Eco Enzym, Eco brick dan Residu sampah dibuang ke TPA. Kegiatan lainnya adalah pembuatan lubang biopori, pemberian Paket Sembako kepada rekan-rekan Penggali Kubur, Pesapon, security dan Petugas Kebersihan. Selanjutnya ada pemberian cinderamata kepada tokoh penggiat lingkungan dan pembagian produk pupuk kompos.

Untuk turut memeriahkan acara, di RW08KPK juga diadakan bazaar warga dan lomba gambar untuk anak usia 5-11 tahun dengan tema reduce ,reuse dan recycle (3R) agar kebiasaan bersih-bersih dapat ditularkan dan menjadi kegiatan rutin di RW08 KPK. “Demikian juga dengan sampah sudah dipilah antara sampah organik yang telah diolah dan dijadikan kompos dengan sampah anorganik yang dikelola bekerjasama dengan PBI baik limbah plastik maupun minyak jelantah, “ jelas Ir. H Deddy H Widodo,M.M, ketua RW08 KPK.

Acara peringatan WCD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga bumi sebagai perwujudan manajemen pengelolaan lingkungan terutama sampah mulai dari sumbernya untuk mengurangi sampah yang dibawa ke TPA sebagai implementasi bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam menangani sampah untuk “Menyongsong Tangerang Selatan Sebagai Kota Adipura”.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat bisa menambah pengetahuan serta wawasan terkait isu sampah di indonesia khususnya di Tangerang Selatan, serta cara menyikapi dan menyelesaikan masalah sampah agar masyarakat peduli.

“Hidup bersih-bersih bisa ditularkan mulai dari kecil. Kita coba kebiasaan baru yang belum pernah dilakukan untuk mulai dilakukan karena banyak manfaatnya. RW 08 KPK menjadi percontohan di wilayah Tangerang Selatan sebagai institusi pemerintahan RT RW yang pertama dalam bersinergi dengan Penggiat Lingkungan di Tangerang Selatan, “ ujar Ir. H Deddy H Widodo,M.M, ketua RW08 KPK.

Teks/Foto/Video: BAS

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com