Admin of hijaubintaro January 22, 2020

Hijaubintaro.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pelayanan kepada pasien, keluarga, masyarakat secara terus menerus di semua bidang, salah satunya adalah bidang pencegahan dan pengendalian infeksi di Rumah Sakit, RS Premier Bintaro mengikuti audit Health Care Infection Control Management Resource (HICHR).

HICMR merupakan badan audit internasional dan konsultan untuk Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) untuk manajemen program PPI baik pada level strategi, manajerial maupun operasional yang kantor pusat di Melbourne, Australia.

Audit yang rutin diikuti RS Premier Bintaro setiap tahunnya ini diadakan selama 3 hari, mulai Senin (20/1) hingga Rabu (22/1). Tahun ini audit HICMR di RS Premier Bintaro adalah tahun ke -19.

Tujuan kegiatan ini untuk memastikan bahwa standarisasi dilaksanakan dalam upaya mencegah terjadinya kontaminasi silang penyakit infeksi yang disebut infeksi nosokomial atau Hospital acquired infekstion (HAI`S).

Ada 14 bidang yang diaudit oleh HICMR dengan menggunakan 3512 Indikator audit, antara lain: Program PPI, Kesehatan Karyawan, Unit Emergensi, Unit CCU, Unit NICU, Ruang Rawat Inap, Unit Haemodialisa, Ruang Rawat Jalan ( Poli Klinik, Farmasi, Rehab Medik, Radiologi, Laboratorium), Kamar Bedah/Kateterisasi Jantung, Ruang tindakan : Endoscopy, Diagnostic Probe, Naso Endoscopy, Pusat sterilisasi (CSSD), Food and Baverage, Maintenance Umum dan Medis dan Management Kebersihan Lingkungan, Linen dan Penanganan Sampah.

Infeksi nosokomial ini harus mampu dikontrol dan dikendalikan oleh rumah sakit karena akan mempengaruhi proses penyembuhan pasien. Mempertahankan prosedur yang aman, lingkungan yang aman dan bersih sesuai dengan standar yang dipersyaratkan membutuhkan komitmen yang kuat dan biaya yang tidak murah.

Berbagai upaya telah dilakukan antara lain dengan menjaga kompetensis tenaga kesehatan, sterilitas alat yang digunakan, sistim sirkulasi udara, memelihara kebersihan kamar dan semua peralatan yang digunakan oleh pasien selama dirawat di rumah sakit. Dengan demikian pasien, tenaga medis, perawat dan petugas penunjang medis serta masyarakat yang datang berobat ke rumah sakit dapat aman dan terlindungi.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com