admin October 7, 2021

Hijaubintaro.id – Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) akan meneruskan tradisi unggul dalam bidang Urban Studies melalui aktivitas bertajuk “Urban Partnership Melting Pot” yang akan diadakan pada 17-22 Januari 2022 secara virtual. Melalui Urban Partnership Melting Pot, insan-insan peneliti, penulis, dan media diundang untuk dapat bergabung memberikan sumbangsih pemikiran dan ide-ide kreatif melalui fokus tema Urban Growth Pattern, transformation,and resilience; Urban Mobility and Internet of Things; dan Social, health, education, environment, and economic development.

Urban Partnership Melting Pot merupakan bagian dari kolaborasi UPJ dengan Humboldt Kolleg yang bertujuan memperkuat jaringan kerja sama profesional di tingkat regional antar alumni (Humboldtians). Selain itu, memperkenalkan dan meningkatkan minat serta semangat peneliti muda terhadap program Alexander von Humboldt Foundation (AvH).

Yayasan ini mengedepankan visi kolaborasi antar negara, dengan Jerman sebagai lokasi penelitian. Kegiatan Humboldt Kolleg diprakarsai oleh para alumni atau asosiasinya dan didukung secara finansial oleh AvH.

Humboldt Kolleg telah diadakan di berbagai negara di luar Jerman, seperti Amerika Serikat, Prancis, Italia, Polandia, Nigeria, Kenya, Afrika Selatan, China, India, dan lain-lain. Pesertanya adalah alumni program AvH dan peneliti muda yang telah memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Dengan demikian, Humboldt Kolleg telah menjadi instrumen penting dalam mengumpulkan para peneliti muda terbaik, generasi pemimpin potensial dalam IPTEK, serta di bidang lain di Jerman dan bahkan di seluruh dunia.

Layak kiranya aktivitas UPJ kerja sama dengan Humboldtians ini disebut “melting pot”. Tak hanya asal para peneliti, pembicara, maupun partisipan dari berbagai negara, melainkan tema Urban Studies adalah tema komprehensif yang meluruh dari berbagai bidang ilmu.

Hal ini sejalan dengan upaya UPJ mengarusutamakan Urban Studies. UPJ memiliki Center for Urban Studies (CUS) yang berusaha menjawab tantangan kebutuhan perencanaan kawasan perkotaan beserta masalah komprehensif warga kota. Lima bidang utama yang menjadi klaster turunan Urban Studies di CUS UPJ adalah Urban Growth, Urban Culture, Urban Development, Urban and the Future, dan Urban Society.

Humboldt Kolleg 2022 ini merupakan aktivitas kedua yang diselenggarakan oleh UPJ. Pada 2017, Humboldt Kolleg di UPJ mengambil tema “The Rise of ASEAN and Strategic Partnership in Understanding the Complexity and Collective Phenomena in Emergent Societies”.

Aktivitas pada 2017 tersebut juga merupakan kerja sama antara UPJ dengan Kementerian Risted Dikti. Lima topik utama dalam pertemuan tersebut adalah Urban economics, City planning, architecture and infrastructure, Urban Health and Society, Environmental risks in Urban and Regional Development, Strategic partnership in Urban Research.

Dengan rekam jejak aktivitas ini, UPJ kembali menjadi fasilitator pertemuan terkait Urban Studies dan menunjukkan komitmen penuh untuk mengembangkan kajian urban di Indonesia.

Para pengajar di UPJ juga turut serta dalam memberikan kontribusi nyata melalui konsep, penelitian, dan publikasi ilmiah dalam bidang urban studies.

Hal ini terbukti dalam pencapain publikasi. Terdapat 22 publikasi ilmiah terindeks Scopus tentang urban studies oleh para peneliti UPJ. Sementara publikasi ilmiah yang terindeks Google Scholar sebanyak 64 artikel ilmiah.

Secara keseluruhan, dalam indeks Sinta tercatat 83 penulis UPJ yang terdaftar bidang unggulan Urban Studies. Rekam jejak tersebut tercatat sejak awal berdirinya UPJ dengan para peneliti yang memang direkrut berdasarkan keahlian dalam bidang kajian urban.

Berbagai upaya selama ini telah dilakukan oleh UPJ bukan hanya untuk meneruskan tradisi unggul, namun berkontribusi nyata dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat urban melalui urban studies. Di masa mendatang, diharapkan kajian urban akan semakin melekat dengan kiprah UPJ.

Dengan upaya keras UPJ yang terus bergegas untuk menjadi universitas terkemuka di bidang studi tentang perkotaan telah mampu membuktikan diri sebagai universitas yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan yang unggul dan berkualitas. Terbukti dengan diraihnya peringkat 92 dalam Pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh Kemdikbud pada 2020 sekaligus menjadikan UPJ sebagai universitas termuda di deretan 100 besar universitas yang unggul di Indonesia.

Teks: BAS/DOK,Foto: DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com