Sajian Citarasa Khas Mandailing

Di Pasar Modern Bintaro terdapat sebuah resto yang menyajikan makanan khas Mandailing, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Namanya Ketabo. Menyajikan banyak menu lezat yang khas. “Visi kami adalah ingin mengangkat citarasa masakan Batak untuk dapat dinikmati masyarakat umum, “ jelas Nurlela Tobing, owner Ketabo.
Resto Ketabo menyajikan beragam favorit dan recommended, diantaranya: Ikan Mas Naniarsik. Ikan Mas Naniarsik adalah ikan mas yang masih fresh, digodog dengan bumbu-bumbu khas Batak seperti Andaliman, Combrang dan Lokyo (bawang asal Batak). Rasanya sangat lezat. Menu khas yang lezat lainnya adalah Ayam Tombur (Ayam Natinombur), yaitu menu ayam kampung yang dibumbui hingga empuk (diungkep) dan kemudian digoreng atau dibakar. Sajiannya dibaluri bumbu Tombur, yang merupakan campuran dari Andaliman, Kemiri Sangrai, Cabe Rawit, Bawang Merah, Combrang dan asam jeruk nipis.
Menu ikan lainnya yang tidak kalah lezatnya adalah Ikan Mas Naniura. Setelah dibersihkan duri-durinya, ikan ini dimasak tanpa api, dibumbui bumbu khas plus jeruk khas Batak. Rasanya benar-benar menggoyang lidah.
Masih menu ikan, yang favorit lainnya adalah Ikan Limbat Asap Gule/Balado, yaitu sejenis ikan lele, (asli dari Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan). Cara masaknya adalah diasapi (balado) atau digule.
Tak hanya itu, Ketabo memiliki banyak menu lainnya, seperti: aneka Teri Balado khas Medan, Cumi Tauco Medan, Daging Sapi Gurih, Nasi Goreng Andaliman, Nasi Goreng Teri Petai, atau juga Ikan Nila Bakar Khas Ketabo. Untuk sayuran, yang recommended adalah daun Ubi Tumbuk atau juga sayuran Tumis Daun & Bunga Pepaya.
Minuman khas tentunya juga tersedia di Ketabo, seperti Es Campur Medan, Juice Terong Belanda, Badak (sarsaparila) dan aneka juice.
Harga makanannya mulai Rp10.000 – Rp45.000 per-porsi. Semuanya 100% halal! Resto ini berlantai 2. Untuk ruang ber-AC ada di lantai 2. Ketabo buka setiap hari Selasa-Minggu, pukul 8.00 – 18.00. Hari Senin tutup.

Teks & Foto: BAS

Verified by MonsterInsights