Warga Emerald Residence Mengikuti Pembuatan Eazy Passport Secara Kolektif

Hijaubintaro.id – Bekerjasama dengan Imigrasi Kota Tangerang, pada hari Kamis (27/1/22) Warga Emerald Residence mengikuti pembuatan Eazy Passport. Kegiatan ini diadakan di Emerald Club House, Sektor 9 Bintaro Jaya.

Eazy Passport adalah program pelayanan paspor secara kolektif. Melalui program ini pemohon bisa mengajukan permohonan paspor tanpa perlu ke kantor imigrasi karena petugas akan mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan. Seluruh proses permohonan paspor mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, wawancara, serta pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan.

Mulai pukul 10.00 pagi, sebanyak 69 warga Emerald Residence yang telah terdaftar, hadir bergantian dengan mentaati prokes yang berlaku dan mengikuti seluruh aturan dan tata tertib. Proses pembuatan passport ditangani 6 orang petugas dari Kantor Imigrasi Tangerang. Tiap pemohon diwajibkan membawa semua dokumen asli, seperti paspor lama, KTP, KK, dsb.

Pembayaran biaya pembuatan paspor selanjutnya dibayarkan melalui ATM, transfer online, atau via mobile banking. Pengambilan fisik passport langsung di Kantor Imigrasi Tangerang, sekitar seminggu usai melalukan pembayaran dan mendapatkan notifikasi.

“Kami mengajukan surat ke Imigrasi Tangerang berdasarkan informasi yang ada di instagram
tentang Eazy Passport sejak sekitar bulan Agustus 2021 lalu. Kebetulan Warga kami juga banyak yang ingin memperbaharui paspor untuk keperluan umroh, urusan kerja, maupun dinas kerja ke luar negeri. Totalnya 69 orang, “ jelas Rudy Ismail Bachtiar, Tim Kerja Eazy Passport Emerald Residence.

Pada awal Januari 2022, Imigrasi Tangerang mengkonfirmasi untuk survey. Warga pemohon Passport diminta menyiapkan fotocopy semua dokumen yang diperlukan, kemudian dikirim
melalui koordinator RT/RW. Akhirnya Imigrasi Tangerang memberikan jadwal kedatangan untuk cek surat-surat asli juga pengambilan data biometrik berupa foto dan sidik jari pada Kamis, 27 Januari 2022.

“Dengan mengikuti Eazy Passport, intinya kami ingin memudahkan warga kami untuk mengurus passport. Jadi tak perlu datang dan mengantri lama di kantor Imigrasi. Semuanya diselesaikan oleh petugas di sini,“ jelas Rudy.

Pada akhir kegiatan, Tim Kerja Eazy Passport Emerald Residence yang diwakili oleh Gatut P Suharso selaku Ketua RW010 Emerald Residence memberikan plakat kepada John Selvy Rolan Maturbongs selaku Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan Imigrasi Tangerang dan hadir juga di tempat, Eko Rajagukguk selaku Kepala SubSeksi Pelayanan Dokumen Perjalanan.

Bagi kantor/komunitas/perumahan yang menginginkan diadakan pelayanan passport kolektif bisa mengajukan permohonan pelayanan Eazy Passport kepada kantor imigrasi melalui surat permohonan dari pimpinan atau perwakilan.

Program pelayanan Eazy Passport menyasar komunitas besar seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi dengan syarat minimal pemohon sebanyak 50 orang.

Dalam pelaksanaannya, program pelayanan ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Teks/Foto/Video: BAS

Verified by MonsterInsights