RS Premier Bintaro Punya Fasilitas Baru MRI 3 Tesla Yang Istimewa

Hijaubintaro.id – Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) memperkenalkan fasilitas kesehatan radiologi terbarunya, yaitu MRI 3 Tesla Signa Pioneer. Magnetic Resonance Imaging (MRI) adalah teknologi yang mampu menghasilkan pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, dan organ tubuh lainnya secara lebih detail. MRI Tesla sangat membantu para dokter untuk memudahkan mendiagnosis penyakit secara lebih cepat dan tepat.

Di Indonesia, RS Premier Bintaro menjadi salah satu jajaran rumah sakit yang telah memiliki MRI 3 Tesla dengan teknologi mutakhir Deep Learning dan AIR Technology terbaru. Selain itu MRI 3 Tesla juga dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelegence (AI).

Dengan teknologi Deep Learning yang telah terpasang, dapat memangkas waktu pemeriksaan sebesar 40-60% lebih cepat, dengan kualitas gambar pencitraan yang lebih baik, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat dan meyakinkan. Sebagai contoh, jika dengan alat pada versi sebelumnya pemeriksaan brain rutin dilakukan selama 18 menit, maka menggunakan MRI 3 Tesla hanya memakan waktu 10 menit.

Dalam Media Gathering yang digelar Selasa (26/7/2022), Kepala Unit Radiologi RS Premier Bintaro dr Riris Himawati, Sp. Rad menjelaskan bahwa Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan, maka dokter akan lebih mudah dan cepat mendiagnosis penyakit. Dengan demikian maka proses penanganan penyakit pun akan lebih cepat dilakukan.

dr Raditya Utomo, Sp.Rad (K), spesialis radiologi RS Premier Bintaro menjelaskan MRI 3 Tesla memiliki diameter gantry atau kerangka lubang pemeriksaan yang lebih luas, yaitu 70 cm, sehingga pasien akan merasa lebih nyaman dan kekuatiran pun berkurang.“Pada MRI 1,5 Tesla, lubang pemeriksaaan hanya 60 cm, tapi kalau MRI 3 Tesla sudah 70 cm,” jelasnya.
Selain itu, MRI 3 Tesla ini dilengkapi dengan software Silence Scan untuk mengurangi suara yang timbul, terutama pada pemeriksaan brain, ditambah lagi ada software Accoustic Reduction Technology (ART) yang dapat mengurangi kebisingan tersebut.

RS Premier Bintaro juga menyediakan head set untuk memutar musik dan menyediakan kacamata 3D untuk menonton film sesuai keinginan pasien selama pemeriksaan berlangsung sehingga pasien merasa terhibur di tengah pemeriksaan. “Ruangan MRI pun didesain dengan sangat elegan, dilengkapi dengan mood light, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan ketenangan kepada pasien selama pemeriksaan dilakukan,” tambah dr Raditya.

Manager Marketing RS Premier Bintaro drg Kencana Widya, MARS menjelaskan sekitar 500 pasien dari berbagai usia sudah merasakan manfaat fasilitas MRI 3 Tesla di RSPB sejak mulai beroperasi pada 3 Juni 2022 lalu.

Kehadiran MRI Tesla di RS Premier Bintaro menjadi salah satu bukti komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan menyediakan teknologi terkini pada dunia medis di Indonesia.

dr Martha L Siahaan, MARS selaku CEO RS Premier Bintaro mengatakan RS Premier Bintaro akan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat luas melalui lima layanan unggulan yakni Ortopedik, Vaksular, Ortopedik Spain, Skin and Laser dan Klinik Sport atau Olahraga.

Teks/Foto: BAS

Verified by MonsterInsights