Peluncuran Buku UPJ Indonesia City Metrics Sebagai Acuan Mengembangkan Kota

Hijaubintaro.id – Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) meluncurkan buku Universitas Pembangunan Jaya – Indonesia City Metrics (UPJ-ICM) pada Rabu (08/08/23). UPJ – ICM adalah sebuah kajian perkotaan yang memotret 42 kota besar dan menengah di Indonesia dari perspektif holistik dalam lima segi, yaitu infrastruktur dan aksesibilitas (Urban Development), perekonomian (Urban Growth), sosial masyarakat (Urban Society), seni budaya (Urban Culture), serta teknologi dan penelitian (Urban and the Future). UPJ-ICM tidak dimaksudkan untuk mempertandingkan kota-kota tersebut, namun untuk dijadikan rujukan bagi berbagai pihak dalam memilih kota yang tepat untuk tinggal, belajar, bekerja, ataupun berusaha.

Selain itu, UPJ-ICM, yang rencananya akan dimutakhirkan secara berkala, juga diharapkan
memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan kota, termasuk perencana, pengelola, dan pengambil keputusan di bidang perkotaan, dalam membuat kebijakan, perencanaan, dan
pengembangan kota yang lebih baik di masa mendatang.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh sejumlah tokoh terkemuka. Pj. Gubernur Jakarta, selaku pemegang saham utama PT Pembangunan Jaya, Gubernur Banten, dan Walikota Tangerang Selatan turut hadir. Selain itu, Prof. Bambang Brojonegoro, Dr. Kecuk Suhariyanto, Ir. Bernie
Djonopoetro, CEO PT Pembangunan Jaya, Bp. Trisna Muliadi, M.B.A., para direksi PT Pembangunan Jaya, akademisi, pemerhati perkotaan, serta hadirin lainnya juga ikut memeriahkan acara tersebut.

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta tidak hanya meresmikan peluncuran buku hasil UPJICM, tetapi juga menyerahkan buku tersebut kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI, Gubernur Banten, Walikota Tangerang Selatan, para akademisi, dan penggiat perkotaan.

Penyerahan buku ini menjadi simbol dari upaya untuk menyampaikan hasil kajian UPJ kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan.

Peluncuran buku UPJ-ICM dan talkshow ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebihmendalam tentang perkembangan perkotaan dan memberikan pemahaman tentang tantangan dan peluang dalam pembangunan kota.

“UPJ menerbitkan buku atau kajian yang berkaitan dengan pembangunan kota-kota di Indonesia. Menganalisis kelebihan dan kekurangan suatu kota. Ini berita yang baik, sehingga menjadi panduan khusus bagi kota-kota di Indonesia dalam kebijakan masa depan,” ujar Wakil Walikota Tangerang Selatan, Pilar Saga.

Pada hari yang sama, juga berlangsung acara peresmian perpustakaan UPJ dan talkshow tentang ‘Literasi Kesejahteraan’ yang menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional RI
Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. sebagai narasumber.

Teks/Foto/Video: BAS

Verified by MonsterInsights