Binloop Cleanup Day Untuk Hari Kebersihan Sedunia

Hijaubintaro.id – Digelar berdekatan dengan Hari Kebersihan Sedunia (World Cleanup Day) yang diperingati setiap 16 September, kegiatan Binloop Cleanup Day kembali diadakan pada Minggu (24/9/23) untuk keempat kalinya oleh Komunitas Wacana.cc @wacana_cc, dengan didukung partisipasi dari murid-murid sekolah Mentari Intercultural School Bintaro (MISB) @misb.community, serta masyarakat Bintaro dan sekitarnya.

Berangkat dari semangat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan Bintaro, warga Bintaro dan sekitarnya dimotori oleh Komunitas Wacana.cc turun ke jalan melakukan Operasi Pungut Sampah di area Bintaro Boulevard. Bintaro Boulevard dipilih sebagai titik operasi karena telah menjadi lokasi favorit bagi warga Bintaro bahkan luar Bintaro untuk berolahraga ataupun sekedar nongkrong, terutama di akhir pekan. Namun sayangnya, lokasi tersebut kerap ditinggali sampah yang berserakan, meskipun sudah dilengkapi tempat sampah yang disediakan oleh Pihak Pengelola.

Ketua Komunitas Wacana.cc, Ruly Tambunan menyebutkan “Kami risih melihat pemandangan sekitar Bintaro Boulevard. Setiap pagi kalau olahraga disana, pasti banyak sampah dimana-mana. Padahal sudah ada tempat sampah disediakan oleh pihak pengelola”. Lebih lanjut Rully menegaskan “Kegiatan Binloop Cleanup Day kembali diadakan untuk membangun kesadaran bersama menjaga kebersihan Bintaro. Jadi, meskipun setiap pagi sampah selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan, namun kebersihan adalah tanggung jawab setiap orang”.

Murid kelas 8 MISB yang turut ambil bagian sebagai relawan bersih-bersih, Bijan Tiandaru menyampaikan “Senang rasanya bisa ikut Binloop Cleanup Day ini. Kegiatan bersih-bersih lingkungan semacam ini perlu dilakukan secara berkala untuk mengedukasi masyakarat agar tidak membuang sampah sembarangan”.

Kegiatan Binloop Cleanup Day mendapat sambutan antusiasme dan partisipasi yang cukup besar dari warga Bintaro dan sekitarnya. Sampai penghujung kegiatan, para relawan yang terdiri dari masyarakat segala usia masih tampak semangat melakukan bersih-bersih sampah bersama.

Teks: BAS/Foto: DOK

Verified by MonsterInsights