RIRS: Operasi Batu Ginjal Minimal Invasif

Oleh: dr. Jeffri Effendi,Sp. U, Spesialis Bedah Saluran Kemih RS Premier Bintaro

Retrograde Intrarenal Surgery, atau RIRS, adalah prosedur operasi di bidang urologi yang dilakukan secara minimal invasive untuk tata laksana batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya. Minimal invasive dimaksudkan tidak ada luka sayatan di kulit saat melakukan prosedur operasi ini, namun dilakukan dengan memasukkan alat endoscope seperti viber optic yang memiliki kamera di ujungnya sehingga dapat melihat dengan jelas dan detail kondisi pada organ saluran kencing mulai dari uretra (saluran kencing bawah) sampai dengan ginjal. Alat ini dimasukkan melalui uretra kemudian masuk ke kandung kemih, muara ureter dan masuk ke dalam ureter hingga mencapai ke dalam ginjal. Ujungnya yang fleksibel memungkinkan alat ini untuk masuk ke dalam kalix (rongga-rongga) di dalam ginjal. Selanjutnya tergantung apa kebutuhannya, untuk menghancurkan batu ginjal atau penanganan masalah lainnya.

Saat ini karena di Indonesia kasus batu ginjal dan saluran kencing masih merupakan masalah utama di bidang urologi, maka prosedur RIRS ini banyak digunakan untuk penanganan batu ginjal. Dengan metode RIRS, batu di ginjal dapat dihancurkan dengan menggunakan laser hingga menjadi serpihan-serpihan kecil seperti pasir, bahkan hingga menjadi debu. Dengan menggunakan suction (alat penyedot), selanjutnya batu yang telah hancur dapat dikeluarkan atau keluar dengan sendirinya bersamaan dengan aliran kencing. RIRS juga dapat digunakan untuk melakukan biopsi atau ablasi dari tumor di ginjal.

RIRS bermanfaat untuk mendiagnostic kelainan pada saluran kencing mulai dari uretra, kandung kemih, ureter sampai ke ginjal dan bersamaan dengan prosedur diagnostic juga sekaligus untuk treatment kasus-kasus tertentu yang ditemukan, sehingga dapat diselesaikan dalam satu prosedur tindakan.

Kelebihan dari metode RIRS adalah prosedurnya minimal invasive, sehingga rasa sakit pasca operasi akan minimal, tanpa bekas luka operasi dan waktu perawatan dan pemulihannya lebih singkat dibanding metode operasi konvensional. 1 hari setelah operasi bahkan pasien sudah bisa pulang. Dengan prosedur RIRS, pengobatan batu ginjal yang berukuran kecil hingga sedang sangat efektif, terutama batu-batu keras yang tidak dapat dipecahkan dengan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Selain Minimal Invasive atau tidak adanya luka operasi, kelebihan RIRS lainnya adalah saat pembiusan hanya diperlukan pembiusan separuh badan (regional) dan tidak diperlukan bius umum. Namun, untuk kondisi tertentu juga memungkinkan adanya bius umum.

Namun, RIRS bukanlah untuk tindakan operasi tumor dan batu yang besar. Batu yang dapat diindikasikan dengan RIRS adalah yang berukuran kurang dari 2 cm. Artinya, perkiraan waktu yang diperlukan kurang dari 2 jam, guna menghindari resiko terjadinya komplikasi seperti sepsis atau pengaruh panas yang berlebihan.

 

RS Premier Bintaro sebagai Rumah Sakit yang berkomitmen dalam peningkatan teknologi kedokteran memiliki fasilitas yang lengkap untuk operasi dengan metode RIRS ini. Tidak hanya fasilitas yang lengkap, namun didukung oleh dokter-dokter ahli dan tim medis ahli.

Dengan perkembangan teknologi kedokteran yang semakin pesat tentu akan memberikan modalitas diagnostik dan terapi yang semakin baik dan beragam. Untuk itu dibutuhkan pemahaman bagi pasien dan dalam hal ini dapat berdiskusi atau konsultasi dengan dokter ahli. RS Premier Bintaro siap membantu dan memfasilitasi Anda dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan.

Untuk pendaftaran rawat jalan, silahkan menghubungi kami melalui RSDHealth Careline di nomor 1500908 atau melalui WhatsApp Chat di nomor +62 812 2230 9911

Selanjutnya disini : https://ramsaysimedarby.co.id/rspb

Verified by MonsterInsights