admin September 27, 2020

Hijaubintaro.id – School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya turut berpartisipasi dalam kegiatan peneropongan bulan ‘International Observe The Moon Night’ (INOMN 2020) yang diselenggarakan oleh National Aeronautics and Space Administration atau Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) pada hari Sabtu (26/9), mulai pukul 18.30 – 20.30

INOMN 2020 ini diadakan Sekolah Pembangunan Jaya bekerjasama dengan LAPAN Pasuruan, disiarkan langsung secara online dari 3 lokasi, yaitu: Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro, LAPAN Pasuruan, dan Sekolah Pembangunan Jaya Sidoarjo melalui live zoom dan kanal youtube Sekolah Pembangunan Jaya. Kegiatan ini diikuti lebih dari 700 peserta
siswa Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro dan Sidoarjo, dari TK hingga SMA dan masyarakat umum.

INOMN 2020 merupakan agenda tahunan yang digalang oleh misi Lunar Reconnaissance Orbiter milik NASA. Tahun ini dilaksanakan pada 26 September 2020, diselenggarakan serentak di seluruh dunia. “Acara ini bertujuan untuk melakukan observasi bulan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bulan dan ilmu astronomi, “jelas Safitri Wijaya, Kepala School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya Bintaro.

Tahun ini adalah tahun pertama School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya (SSC SPJ) Bintaro, dan tahun kedua untuk SSC SPJ Sidoarjo bergabung dengan NASA untuk mengikuti dan melaksanakan INOMN 2020. Selanjutnya kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan di Sekolah Pembangunan Jaya.

Pada kegiatan ini peserta mendapatkan materi pengenalan bulan dari Noer Abdillah S.N.S.N., M.MT selaku narasumber LAPAN Pasuruan. Peserta juga menyaksikan secara langsung penampakan bulan dari langit Bintaro, Sidoarjo dan Pasuruan secara virtual, dipandu oleh Habib Khirzin dari LAPAN Pasuruan. Siswa juga dapat menyaksikan kondisi permukaan bulan lebih dekat, melihat lokasi beberapa kawah dan laut serta mengetahui namanya.

Teks: BAS, foto:DOK

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com