Pesta Pertunjukan Anak Berkebutuhan Khusus Digelar Di Gubug Makan Mang Engking Pondok Cabe

Hijaubintaro.id – Gubug Makan Mang Engking Pondok Cabe menggandeng Koperasi Anak Bina Karya (Koperasi ABK) menyelenggarakan “Ajang Kreasi Anak Berkebutuhan Khusus” ABK Fiesta Tangerang Selatan 2023. Gelaran perdana ini diadakan selama 2 hari, pada Jumat (27/1/23) dan Sabtu (28/1/23) di Gubug Makan Mang Engking Pondok Cabe, Jl. Pondok Cabe Raya, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan.

ABK Fiesta merupakan wadah dan pesta pertunjukan kemampuan bagi anak berkebutuhan khusus (difabel) berupa pertunjukan kesenian mulai dari musik (band, solo vokal, gamelan), tari, bela diri, pantomim, marawis maupun hasil karya yang digelar di atas panggung. Selain itu di lokasi acara juga diadakan pameran lukisan dan bazar aneka produk kriya (karya tangan) ABK.

Peserta acara ini sebanyak 100 anak dari 11 Sekolah Khusus dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan.

Ketua Panitia ABK Fiesta Tangsel, Ratmartini M.Pd mengatakan, acara perdana ini bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat Anak Berkebutuhan Khusus dalam menampilkan kreasi dan bakatnya. “Kami berharap agar pengunjung bahkan semua elemen tergerak untuk menyatukan hati, memadukan langkah dan memberdayakan keluarga Aanak Berkebutuhan Khusus dengan memfasilitasi acara yang layak sebagai sarana mengukir prestasi dan kesempatan emas,” ujarnya.

Direktur keuangan dan admin Gubug Makan Mang Engking Pondok Cabe, Niniek M. Virdasari menjelaskan, kegiatan ABK Fiesta ini berawal dari pertemanan satu komunitas hingga akhirnya terselenggara acara ini. ABK Fiesta Tangsel 2023 adalah pesta untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus dimana mereka bisa mengeksplor apa yang telah mereka latih selama ini dan mereka juga dapat memasarkan produk-produk kreatif yang dibuatnya. “Semoga pengunjung yang datang kesini bisa lebih peduli akan adanya ABK di tengah-tengah masyarakat dan rencananya acara ini akan kami gelar rutin setiap tahun,” jelasnya.

Melalui acara ini diharapkan semua pihak termasuk masyarakat awam, para pendidik dan pemerintah daerah beserta jajarannya, juga pengusaha korporasi dapat memahami keberadaan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), terutama tentang kebutuhannya, mereka memang berbeda, namun tidak untuk dibedakan.

Acara ini juga sesuai dengan visi dan misi koperasi ABK sebagai lembaga yang memayungi acara ini, yaitu memberikan kesempatan dan melakukan pemberdayaan serta kesejahteraan bagi anggotanya. “Kami ingin memfasilitasi anak-anak berkebutuhan khusus di Tangsel dan Jaksel agar mereka dapat berkreatifitas, menyalurkan dan menemukan minat bakatnya dan berproduksi. Koperasi akan membantu memasarkan produk-produk mereka, “ ujar Anita Sri Maulani Bakri, Ketua Koperasi ABK.

Teks/Foto/Video: BAS

Verified by MonsterInsights