Bermusik Untuk Bangsa di Konser SMUSIK 2023

Hijaubintaro.id – Dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional kesepuluh, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Dirjenbud Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media berkolaborasi dengan Komunitas Penggede Bangsa dan Perkumpulan Penggerak Muda menyelenggarakan konser SMUSIK 2023. Acara digelar di Gedung Stovia Musium Kebangkitan Nasional Jakarta, Minggu malam (12/3/23).

Konser musik kebudayaan dengan tagline #AYOBERMUSIK I UNTUK BIKIN GEDE BANGSA ini merupakan kolaborasi bersama dengan tujuan meramaikan musium dengan kegiatan-kegiatan positif agar menjadi tujuan kunjungan wisata sejarah budaya dan menjadi wadah bagi musisi muda Indonesia untuk dapat berkreasi menciptakan karya, bahkan dapat menjadi sebuah Gerakan Kebudayaan ‘Untuk Bikin Gede Bangsa’ melalui media musik dan seni.

“Acara ini merupakan sebuah energi positif dan dapat mensinergikan gerakan kebudayaan masyarakat khususnya generasi muda indonesia ‘Untuk Bikin Gede Bangsa’ melalui media seni dan musik ke dunia, “ ujar Robi Maulana, Direktur Program Penggerak Muda Fellowship. Robi juga menambahkan, SMUSIK ini menjadi salah satu rangkaian dari perayaan besar Hari Musik Nasional 2023 yang telah diselenggrakan di beberapa titik sejak 9 Maret 2023.

“SMUSIK 2023 berkonsep kreatif sebagai pertunjukan kebudayaan, yaitu budaya mendengar, melihat dan menilai sebuah pesan pada pertunjukan itu sendiri. Selain itu ada konsep produktif, yakni paparan program dengan gaya dikonserkan, “ jelas Fadhil Indra, konseptor acara, performer, dan penggagas Komunitas Penggede Bangsa. Fadhil Indra adalah seorang musisi, keyboardis dan vokalis band progresive rock Discus, yang namanya sangat dikenal di Eropa.

Komunitas Penggede Bangsa merupakan sebuah komunitas yang peduli dengan kebangkitan bangsa Indonesia agar menjadi negara besar dengan jalan kebudayaan.

SMUSIK 2023 menampilkan kolaborasi musik oleh Fadhil Indra, Keyboardis Untuk Bangsa, Ages TSC, Trio Drumer Iconic,s, dipandu oleh Yuyun Arfah, Miea Kusuma, Icha Pahlevi dengan bintang tamu Andre Hehanusa.

Acara ini dihadiri oleh Restu Gunawan selaku Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek dan Budi Harry J, yang merupakan ahli waris dan cucu pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman.

SMUSIK 2023 turut mengundang musisi, komunitas musik, media pemberitaan, instansi pemerintahan dan rekanan.

“Secara subyektif, saya berharap SMUSIK diakui oleh pemerintah, dan secara obyektif bisa menjadi alternatif giat musik dengan orientasi kebangsaan, menjadikan Indonesia inspirasi berkarya, “ tutup Fadhil.

Teks/Foto: BAS

Verified by MonsterInsights