Indonesia Youth Robot Competition Diselenggarakan di Sekolah Pembangunan Jaya

Hijaubintaro.id – Indonesia Youth Robot Association menyelenggarakan Indonesia Youth Robot Competition ke-8 (IYRC) pada hari Minggu (19/3/23) bertempat di gedung  MPH SD-SMP Pembangunan Jaya Bintaro.

Indonesia Youth Robot Competition 2023 mengusung tema “My Robot Helping Us” dan melombakan Kinder Mission, Brickspeed, 2 on 2 Soccer, Robot Teater, Coding Mission, Animation Scrath dan Creative & AI Project.

IYRC 2023 merupakan kompetisi tingkat nasional yang diikuti oleh sekitar 200 peserta dari beberapa sekolah dari wilayah Jabodetabek, Boyolali, Palembang, Lampung, Bengkulu, dan beberapa kota lain di Indonesia. Pesertanya mulai dari tingkat TK hingga SMA. Kegiatan ini menjadi ajang persiapan menuju kompetisi International Youth Robot Competition yang akan dilaksanakan pada 3-5 Agustus 2023 di Korea Selatan.

“Tujuan kompetisi ini untuk mengajak anak anak seluruh Indonesia, khususnya warga Tangsel untuk berperan dalam pengembangan berkegiatan berbasis scientic technologi, “ jelas Firdiansyah, ketua penyelenggara IYRC .

“Tentunya kita patut bangga bahwa indonesia khususnya Tangerang Selatan sangat mengapresiasi dan memberi kesempatan kepada para siswa Indonesia untuk dapat mengasah kemampuan, kreatifitas dan inovasinya dalam bidang sains dan teknologi. Demikian juga Sekolah Pembangunan Jaya turut ambil bagian menjadi host pada kegiatan ini, karena kami terus berusaha untuk memberikan pembelajaran yang bermakna dan bermanfaat bagi peserta didik untuk kehidupan sekarang dan di masa mendatang, salah satunya dengan peningkatan kualitas pembelajaran Science, Technologi, Engineering, Art & Mathematics (STEAM), “ jelas ujar Lily Endang Wulan Sari, M.Pd selaku Pengembang Pendidikan Sekolah Pembangunan Jaya.

Pada kegiatan kali ini Sekolah Pembangunan Jaya berhasil meraih penghargaan Gold Medal 1 pada kategori Kinder Mission atas nama Bintang Khenareswara, murid kelas 6B SD Pembangunan Jaya Bintaro. Pada Kategori Creative and AI Project meraih Gold Medal 2 atas nama Faris Muhammad Rabbani, Davelno Danish Raziq, Ardhi Sinatrya Wisesa, Mikail Khalif Hajrin dan Naryana Maulana Putera siswa kelas X SMA Plus Pembangunan Jaya.

“Harapan kami semoga melalui kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi serta dapat melatih ketelitian dan kerjasama siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan sehingga bisa menjadi pribadi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi luhur, “ tambah Lily.

Teks: BAS, Foto: AR

Verified by MonsterInsights