Kegiatan Aksi Nyata SDN Pondok Karya Menuju Adiwiyata Tingkat Nasional

Hijaubintaro.id – Dalam rangka menuju Adiwiyata Tingkat Nasional, SDN Pondok Karya
menyelenggarakan Kegiatan Aksi Nyata pada Sabtu (1/4/23) di SDN Pondok Karya yang berlokasi di Jl. SD Impres Pabuaran Barat no.01 RT02/07, Pondok Karya, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan Aksi Nyata diikuti segenap stakeholder sekolah untuk beberapa titik utama, yakni dengan melakukan pengecekan dan penanaman drainase, menimbang sampah dan membuat kompos, merapihkan toga dan perawatan tanaman, melakukan konservasi air untuk memanfaatkan air hujan, AC dan air wudhu, melakukan pengecekan dan penempelan poster dan membuat video inovasi.

“Adiwiyata memiliki pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju cita – cita pembangunan berkelanjutan, “ jelas Kepala SDN Pondok Karya, Hj. Suriah, S.Pd, M.Pd.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Program Adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma – norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

SDN Pondok Karya telah mengikuti Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah (GPBLHS) sejak tahun 2020 dan meraih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kota Tangerang Selatan pada 31 Maret 2021, dilanjutkan dengan meraih penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi pada 4 Juli 2022 lalu.

Khabarnya, penilaian Adiwiyata Tingkat Nasional akan dilakukan pada bulan Juli 2023 mendatang.

Teks: BAS/Foto: AR

Verified by MonsterInsights