Panen Raya Lele Pakan Maggot di Emerald Terrace

Hijaubintaro.id – Dalam rangka menjalin kembali silaturahmi setelah sekian tahun tidak bisa berkumpul karena pandemi, RW12 Emerald Terrace mengadakan acara temu warga dan halal bi halal dengan tema “Panen Raya Lele Pakan Maggot” pada Sabtu pagi (13/5/2023). Acara yang diadakan di taman belakang – area gazebo cluster Emerald Terrace ini dimulai pukul 08.00-11.00 WIB.

“Kenapa ada ikan lele dan maggot di cluster Emerald Terrace? Maggot terbukti bisa dapat cepat menghabiskan sampah organik. Maggot besar kemudian dapat dijadikan pakan ikan lele, “ jelas Moch Sidik Dermawan, ketua RW12 Emerald Terrace.

Warga Emerald Terrace yang hadir dalam kegiatan ini sangat antusias, terlihat dari antrian warga untuk mencicipi ikan lele yang sedang digoreng. Semuanya fresh, hasil tangkapan langsung dari kolam di taman belakang Emerald Terrace. Ikan lele di sini diberi pakan maggot. “Rasanya jadi lebih enak,“ tambah Moch Sidik.

“Selain halal bihalal dan mempererat hubungan antar warga, tujuan acara ini adalah memperlihatkan dan menyajikan ke semua warga Emerald Terrace ‘real fact’ pemilahan sampah organik cluster yang tidak dibuang, tapi dimanfaatkan untuk pakan maggot. Apabila masih ada sisa kotoran kemudian dimasukkan ke lubang biopori, “ jelasnya lagi. Saat ini Emerald Terrace memiliki 200 lubang biopori di 2 fasilitas umum (fasum).

Dalam kesempatan acara ini juga diadakan sosialisasi menanam cabe, terong, dan timun suri yang sebelumnya juga pernah dipanen. Pengurus RW juga memperlihatkan fasum yang ditanami pohon buah juga memperlihatkan hasil pembuatan eco enzyme beserta manfaatnya.

Pada acara ini juga diadakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan gratis bekerjasama dengan RS Bina Medika.

Teks: BAS, foto: DOK

Verified by MonsterInsights