Admin of hijaubintaro August 24, 2018

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-73 RI, pengurus RW09 Sektor 4 Bintaro Jaya menyelenggarakan Lomba Kreasi Taman Antar RT di lahan kosong bagian belakang wilayah Bintaro Sektor 4, tepatnya di Jalan Cucur Barat XVIII. Lomba yang diikuti 8 RT ini diadakan mulai 22/7 hingga 24/8.

Dalam lomba Kreasi Taman, setiap RT mendapat jatah tanah kavling taman seluas 8 m x 12 m berdampingan dengan RT lain dan mendapatkan jatah (modal) perawatan sebesar 500 ribu rupiah, digunakan untuk keperluan mendukung pertamanan. Setiap RT juga akan dilewati jalur jogging track.

Lomba memiliki beberapa ketentuan, diantaranya: setiap RT disarankan membuat konsep taman yang diajukan beserta sketsa denah. Setiap RT wajib menanam 1 pohon buah-buahan dengan tinggi maksimal 5 meter. Setiap kavling disarankan membuat pelataran atau jalan dari grass block atau paving block dengan ketentuan maksimum coverage 20%.  Tanaman penutup tanah (rumput) diseragamkan menggunakan Rumput Gajah, atau Rumput Gajah Mini. Selama proses penggarapan tanah dan penanaman tanaman, disarankan membawa tukang dan pembantu masing-masing, tidak saling meminjam alat kerja. Dalam pengerjaannya disarankan melibatkan seluruh komponen warga mulai dari orang tua, muda mudi hingga anak-anak.

Penjurian lomba diadakan pada hari Jumat sore (24/8) oleh tim  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan yang berjumlah 3 orang. Kriteria penilaian secara umum berdasarkan kerjasama dan kekompakan grup/tim kerja dan partisipasi warga RT masing-masing, kerapihan dan kebersihan hasil pekerjaan, dan kelengkapan dan kesesuaian dengan konsep yang diajukan.

Hasil penilaian lomba akan diumumkan DLH pada acara puncak Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia yang diadakan pada hari Sabtu malam (25/8) di Taman Ediyono Salatun, Bintaro Sektor 4.  Seluruh RT peserta lomba  akan mendapatkan piagam dari DLH dan bagi juara pertama akan menerima trophy bergilir dari DLH. Selain itu, pengurus RW juga  akan memberikan penghargaan lainnya kepada seluruh peserta.

“Dengan diadakannya lomba Kreasi Taman Antar RT ini, kami berharap permohonan RW09 kepada Pemda Tangsel untuk pembuatan Jogging Track berikut sarana olahraga dan sarana bermain segera dapat direalisasikan, sehingga di lokasi ini menjadi tempat berkumpulnya warga dan warga semakin guyub. “Lomba Kreasi Taman Antar RT akan diadakan periodik agar taman tetap terpelihara,” jelas Sutji Setiawan, ketua RW09 Bintaro Sektor 4.

Di lokasi sekitar taman, rencananya juga akan dibangun balai warga RW09.

 

Teks & Foto; BAS

WP2FB Auto Publish Powered By : XYZScripts.com