Arisan Melati Caping Tour Surabaya-Malang-Bromo

Kelompok Arisan Melati RW.08 Camar Pinguin (CaPing) aktif diadakan sejak tahun 90an. Saat ini anggotanya 55 orang. Setiap tahunnya kelompok Arisan Melati rutin mengadakan kegiatan jalan-jalan ke luar kota. Beberapa waktu lalu, tepatnya Selasa (23/11) hingga ā€“ Jumat (26/11) kelompok warga sektor 3 Bintaro Jaya tsb mengadakan tour ke, Surabaya, Malang dan Bromo selama 4 hari 3 malam.

Oleh: Yulie Reddy, ketua arisan Kelompok Melati periode 2014 -2017 dan 2017-2020

Kegiatan jalan-jalan ini kami adakan untuk mempererat silaturahmi dan refreshing. Peserta acara ini 37 orang. Untuk pembiayaan kami gunakan sebagian dari kas arisan dan kolektif per peserta Rp3,4 juta, sudah all in. Rombongan berangkat ke Surabaya dengan transportasi pesawat terbang. Kami berangkat mengenakan dresscode celana/rok hitam plus atasan warna orange/kuning.

Tiba di Surabaya, kegiatan di hari pertama, Selasa (23/11) diisi dengan berkeliling kota, mengunjungi Kota Tua Surabaya ā€“ Ampel, wisata House Of Sampoerna, dilanjutkan menyebrang ke Madura via Suramadu. DI Madura sempat berbelanja Batik Madura dilanjutkan makan siang di Bebek Sinjay Madura. Usai dari Madura,perjalanan dilanjutkan menuju Batu, Malang selama 2,5 jam dan kami menginap di hotel Samara, Batu. Usai makan malam bersama di hotel, diadakan malam keakraban peserta diiringi hiburan organ tunggal.

Hari kedua, Rabu (24/10) selesai sarapan pagi di hotel, kami menuju lokasi wisata Coban Rais yang sangat cantik. Wisata alamnya sangat indah dan ada air terjun juga. Kami foto-foto di beberapa lokasi di sekitarnya, yang cukup memacu adrenalin seperti di ayunan yang berada di tempat ketinggian. Dari Coban Rais menuju tempat wisata agro. Di sana kami bebas memetik buah-buahan apel dan jeruk buat dimakan di tempat. Gratis! Selanjutnya kami menuju tempat wisata, Onsen. Keren banget lokasinya, didesain apik dan menarik menyerupai suasana di Jepang. Sebagian peserta jalan-jalan juga menyewa baju Yukata di sana, untuk foto-foto.

Usai makan siang dan Sholat Dzuhur, perjalanan dilanjutkan menuju wisata museum angkut. Kami berfoto-foto dengan latarbelakang berbagai jenis alat transportasi menarik jaman dulu dan miniatur tempat wisata dunia seperti menara Eiffel, Istana Buckingham, dsb. Musiumnya besar sekali! O iya, kebetulan saat itu juga tengah ada karnaval, jadi kami dapat hiburan tambahan.

Dari Musium Angkut kami menuju Warung Mbok Sri untuk makan malam, dilanjutkan wisata Alun-ALun Batu Malang. Seru banget, ada pasar malam! Kuliner tradisional yang kami kejar di sana adalah Ketan Susu. Belinya mesti antri, pakai nomor.

Hari ketiga, Kamis (25/10 berangkat pakai dresscode rok/celana blue jeans plus blus putuh polos dan kerudung bebas.) Jam 9.00 kami check out hotel dan menuju lokasi oleh-oleh Malang dilanjutkan makan siang di Rawon Rampal. Sedapnya! Selesai makan siang, kami belanja daster border Malang dan kue Malang Strudel. Dari Malang kami menuju Bromo dengan perjalanan sekitar 4 jam. Sampai di sana langsung check in dan istirahat.

Hari keempat, Jumat (26/10) adalah perjalanan hari terakhir. Kami start pukul 02.00 dinihari menuju lokasi Bromo untuk mengejar sunrise. Tiba di Bromo sambung naik mobil Jeep Hartop. 1 mobil berisi 5 orang. Di Bromo ini kami menuju lokasi penanjakan untuk melihat sunrise yang sungguh indah ciptaan Yang Maha Kuasa, dilanjutkan ke Padang Savana dan Pasir Berbisik. Jam 10.00 kami kembali ke hotel untuk istirahat dilanjutkan makan siang dan check out hotel. Dari Bromo kami menuju bandara Juanda, Surabaya, mampir beli oleh-oleh di Cak Ning. Usai dinner di warung Apung Rahmawati, kami langsung boarding. Penerbangan ke Jakarta pukul 21.30. Tiba di airport Soekarno Hatta pukul 23.30 dan kami kembali menuju Bintaro dengan bis yang telah disediakan pihak travel.Tiba di portal Jl. Camar XIII, keluarga telah menanti.

Perjalanan kami nikmati dengan penuh suka cita. Segenap peserta jalan-jalan terlihat sangat senang dan puas. Tahun depan, kami rencananya mau ngadain jalan-jalan ke Jepang.